Kemenpora RI Jaring Talenta Muda Cabang Olahraga, Libatkan 400 Pelajar Se Bangka Barat

  • Whatsapp

MUNTOK, FABERTA — Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menggelar program pemanduan dan identifikasi bakat cabang olahraga yang melibatkan 400 siswa dan siswi se-kabupaten Bangka Barat yang dimulai pada 8-11 Juni 2021.

Asisten Deputi Pembibitan dan IPTEK Olahraga Kemenpora RI, Cecep Sumarna menyebut pemandu bakat cabang olahraga ini sudah dimulai sejak tahun 2012 lalu.

“Dengan program pemanduan bakat cabang olahraga ini harapan kami di Kemenpora RI bisa mengidentifikasi bibit kompeten dari bakat terpendam demi melahirkan atlet yang bisa berkelanjutan ke jenjang lebih tinggi lagi,” kata Cecep di Muntok.

Dia menyebutkan kabupaten Bangka Barat menjadi daerah prioritas kedua Kemenpora RI di Provinsi Bangka Belitung ini terkait program pemanduan bakat olahraga ini.

Plt. Asisten Bidang Pemerintahan dan Sosial Setda Bangka Barat Heru Warsito berharap para guru pendamping dari tiap sekolah nantinya menindak lanjuti hasil tes dari program Kemenpora ini, serta dapat mengembangkan di sekolah masing-masing sehingga ke depan bisa menjaring atlet-atlet berprestasi sejak dini.

Heru Warsito berpendapat, prestasi olahraga sejatinya dipengaruhi beberapa faktor yaitu kesesuaian atau ketepatan antara potensi atau bakat dengan cabang olahraga yang dipilih.

“Upaya untuk memilih atlet berbakat dalam cabang olahraga tertentu diperlukan pendekatan atau metode yang tepat. Selain itu diperlukan perencanaan rasional sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas serta mempunyai program yang jelas. Ini sangat penting agar pembinaan dapat mencapai sasaran yang tepat demi prestasi optimal,” tambahya lagi. (Fth/Faberta Babar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *