Kenakan Baju Adat Babel, Ketua DPRD Bateng Bacakan Teks Pembukaan UUD 1945 Pada HUT ke-76 RI

  • Whatsapp
Ketua DPRD Bateng, Mehoa saat membacakan teks UUD 45 dalam peringatan upacara HUT RI ke-76. (Ist)

BANGKA TENGAH, FABERTA — Upacara Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke -76 tingkat Kabupaten Bangka Tengah, sukses dilaksanakan secara khidmat di Lapangan Kantor Bupati Bangka Tengah pada Selasa (17/8/2021).

Pada Momen ini Ketua DPRD Bangka Tengah, Mehoa mendapatkan kepercayaan membacakan teks Pembukaan UUD 1945 .

“Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan prikeadilan”.

“Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”.

“Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya”.

“Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada:

Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Walaupun suasana dalam keadaan COVID-19, seluruh rangkaian upacara HUT Kemerdekaan RI ke-76 berjalan baik dan lancar, dipimpin oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman yang bertindak sebagai inspektur upacara. Pengibaran bendera merah putih dipimpin langsung oleh Letnan Satu Sujarno Komandan 413-08/Sungaiselan sebagai Komandan upacara

Dalam kesempatan tersebut hadir Wakil bupati Bangka Tengah Herry Erfian, Kapolres Bangka Tengah AKBP Slamet Adi Purnomo, Ketua DPRD Bangka Tengah Mehoa, Koramil 413-04/Koba, Koramil 413-08/sungaiselan, Paskibraka, Aggota DPRD kabupaten Bangka Tengah, Anggota Polres Bangka Tengah, Para Pejabat ASN Bangka Tengah serta Anggota Pol PP Bangka Tengah.

Usai Upacara, Ketua DPRD Bangka Tengah, Mehoa mengatakan bertepatan dengan hari kemerdekaan RI ke-75 ini, dirinya sangat mengapresiasi para pejuang dan pahlawan yang mengutamakan kemerdekaan. “Keringat dan nyawa mereka korbankan untuk negara ini.

“Kita sebagai masyarakat biasa juga harus mengenang jasa para pahlawan. Dengan semarakkan dan mengikuti upacara kemerdekaan. Kita harus mewarisi seperti apa yang telah di buat oleh para pejuang kita untuk negeri ini,” ucapnya.

Kendati peserta dibatasi dan dilaksanaka secara sederhana, namun tak mengurangi semangat dan hakekat kemerdekaan, setiap yang hadir pun mengikuti sesi demi sesi dengan penuh penghayatan.

“Bersyukur kami dapat melaksanakan dengan baik, saya pun hadir dengan menggenakan baju adat Babel, ini adalah bentuk kecintaan kami akan budaya Indonesia terutama Babel,” ucap Mehoa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *