Kominfo RI Gelar Webinar Literasi Digital Soal ‘Market Place’ untuk Masyarakat Basel

  • Whatsapp

BASEL, FABERTA — Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bangka Selatan mulai bergulir bertajuk Peran Literasi Digital Di Toko Online (Market Place), Selasa, ( 24/8/2021).

Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif.

Bacaan Lainnya

Sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan bahwa Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah atau tugas terkait literasi digital.

“Hasil survei literasi digital yang kita lakukan bersama siberkreasi dan katadata pada 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4. Hal itu menunjukkan indeks literasi digital kita masih di bawah tingkatan baik,” katanya lewat diskusi virtual.

Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI ini menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.

Pada webinar yang menyasar target segmen Para Pendidik/siswa, Pelaku UMKM dan Mahasiwa. Webinar kali ini diisi oleh para Narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni

Mayrianti Annissa Anwar,SP.,M.Si ( kerjasama Badan Riset dan Inovasi Nasional (Brin)Anwar Sadat,ST.,MT ( Praktisi & Akademisi TIK), Drs.H.Yulizar Adnan,M.Si (Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Prov. Kep. Babel) dan Dr. Ari Agung Nugroho.,SE,MBA (Dosen FE UBB) kemudian dan Key Opion Leader @seerasafira (News Presenter, Journalist TV One, Moderator/MC) dan moderator Ayu Amelia.

Webinar ini merupakan satu dari rangkaian dua belas webinar yang akan diselenggarakan di wilayah kabupaten Bangka Selatan selama 2021. Masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi pada webinar-webinar yang akan dilksanakan pada awal september mendatang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *