Komisi II DPRD Pangkalpinang Sebut Daya Tampung Sekolah Masih Jadi PR Pemerintah Kota

  • Whatsapp

Wakil ketua komisi II DPRD kota Pangkalpinang, Fraksi PKS, Rio Setiadi, mengatakan daya tampung SMP yang masih belum memenuhi standar nasional mestinya jadi PR pemerintah Kota Pangkalpinang.

“Untuk kuota daya tampung SMP yang rasio kelasnya masih belum memenuhi standar mestinya menjadi PR pemerintah Kota, siswa SD dan SMP saya kira memang wajib dijamin oleh pemerintah daerah dan tentu perlu kerjasama dengan pihak swasta, karena tidak mungkin juga seluruhnya ditampung di sekolah negeri,” ujar Rio, Jumat (28/5/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pemerintah daerah wajib memastikan seluruh anak-anak usia sekolah untuk mendapatkan akses pendidikan baik di sekolah negeri maupun sekolah swasta.

“Kami berharap tidak ada kendala untuk itu, Karena pendidikan adalah urusan wajib yang harus dipenuhi oleh pemerintah daerah,” sebutnya.

Kata Rio, sekolah swasta juga dapat menjadi pilihan bagi masyarakat, tak kalah bagus dari sekolah negeri terbukti hingga kini masih terus buka.

“Artinya kualitas pendidikan di sekolah swasta tidak kalah dengan sekolah negeri buktinya sampai sekarang masih terus buka, ini sekaligus menjadi tantangan bagi sekolah swasta untuk dapat menunjukkan keunggulannya serta kekhasan masing-masing sekolah agar dapat menjadi pilihan bagi masyarakat,” jelasnya.

Sementara terkait dengan sistem pendidikan, Rio menyebut, harus dilakukan evaluasi oleh kementerian maupun Dinas Pendidikan, sebab banyak keluhan dari tenaga pendidik terkait sistem pemebelajaran online yang sampai dengan hari ini masih dijalankan.

“Jangan sampai kita abaikan kualitas pendidikan yang tentu saja berbeda dikarenakan pandemi. Maka Dinas terkait sebaiknya menyampaikan kepada masyarakat bagaimanakah evaluasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan selama ini, apakah tetap dipertahankan atau perlu modifikasi demi terjaganya kualitas pendidikan kita,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *