Kompas UBB Gelar PHP2D, Wakil Bupati Bangka Harap Kegiatan Ini Mampu Bentuk Desa Binaan yang Aktif, Mandiri dan Berwirausaha

  • Whatsapp

CITIZEN, FABERTA — Komunitas Mahasiswa Pencinta Alam-Sosial Universitas Bangka Belitung (KOMPAS UBB) melakukan pembukaan kegiatan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) di Dusun Air Abik, Desa Gunung Muda, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, pada tanggal (19/8/2021).

Kegiatan PHP2D KOMPAS UBB yang bertemakan “Pemberdayaan Masyarakat Adat Mapur Guna Mengembangkan Desa Ekowisata Berbasis Desa Gunung Muda Kabupaten Bangka” berfokus pada masyarakat Dusun Air Aik dalam mewujudkan desa ekowisata dan mengembangkan kebudayaan lokal serta memberikan pelatihan kepada masyarakat setempat.

“Program holistik pembinaan dan pemberdayaan desa adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui unit kegiatan mahasiswa yang diharapkan akan menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri dan berwirausaha serta sejahtera,” ucap Wakil Bupati Bangka, Syahbudin saat memberi sambutan.

Syahbudin mengharapkan, kegiatan yang dilakukan oleh KOMPAS UBB ini bisa dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Dusun Air Abik, sehingga dapat meningkatkan kemandirian warga dalam mengubah taraf hidupnya menjadi lebih baik, selain itu, diharapkan juga dapat menerapkan karakter positif, empatik, peduli, ulet, kreatif dan bertanggungjawab melalui organisasi. Kemudian bisa mengembangkan potensi desa untuk pembinaan dan pemberdayaan masyarakat, membangun kerjasama yang baik antara organisasi mahasiswa, perguruan tinggi, pemerintah daerah, swasta dan masyarakat.

“Dengan terselenggarakanya kegiatan ini, diharapkan seluruh ilmu yang didapat bisa diaplikasikan dan diterapkan di kehidupan masyarakat terutama dalam bentuk pemberdayaan masyarakat serta bisa membuka pemikiran bagaimana mengembangkan ekowisata dengan mengutamakan kearifan lokal sekaligus mendorong masyarakat bisa mendapatkan pelatihan dalam memanajemen dalam mengembangkan kearifan lokal,” terang Wakil Bupati.

Mewakili pemerintah daerah, Syahabudin ingin kegiatan seperti ini tidak berhenti disini, dan bisa terus dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga tujuan yang ingin dicapai dengan memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap pengembangan desa itu sendiri bisa berkelanjutan.

Kegiatan PHP2D yang digelar oleh KOMPAS UBB ini sendiri akan berlangsung hingga bulan November nanti.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *