Kordinator PMI Bangka Sebut Donor Darah dan Covid-19 Tak Ada Hubungannya

  • Whatsapp
kegiatan donor darah yang digelar PMI Kabupaten Bangka bersama Komunitas Pendonor Darah (KPD) di Warkop 99 Desa Karya Makmur Pemali Bangka, Minggu (22/8/2021). Foto: ist

BANGKA, FABERTA — Kordinator Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka, H. Tego mengatakan dengan lugas bahwa donor darah tidak bertentangan di masa pandemi Covid-19. Hal ini menyikapi kekhawatiran masyarakat yang was-was untuk menyumbang darah.

Hanya saja, sambung Tego, kegiatan donor darah di masa pandemi harus menerapkan aturan protokol kesehatan sangat ketat.

Bacaan Lainnya

Gara-gara anggapan itu pun, antusias masyarakat untuk sumbang darah menurun. Tak heran, Tego menyebutkan bila saat ini pihaknya mengalami kekurangan stok darah.

“Memang stok darah agak sedikit berkurang untuk antusias pendonornya karena Covid-19, dan masyarakat kita agak sedikit was was dan takut berdonor di masa covid ini dengan alasan akan bersinggungan dengan SOP Covid.

“Padahal itu gak ada, donor seperti biasa namun harus tetap dengan prokes yang maksimal, darah dan Covid-19 tidak ada hubungannya,” katanya saat hadir dalam kegiatan donor darah yang digelar PMI Kabupaten Bangka bersama Komunitas Pendonor Darah (KPD) di Warkop 99 Desa Karya Makmur Pemali Bangka, Minggu (22/8/2021).

Oleh karenanya, PMI Bangka akan terus berupaya mengedukasi masyarakat serta bersinergi dengan berbagai pihak secara berkelanjutan untuk menyediakan ketersediaan darah.

“Inilah salah satu upaya kita untuk memenuhi ketersediaan darah, dan ini akan terus kita laksanakan secara berkesinambungan,” kata Tego.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka Syahbudin turut mengapresiasi PMI Bangka bekerjasama dengan KPD menggelar aksi kemanusiaan donor darah kali ini. Ia berharap, stok darah yang didapat hari ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Kegiatan semacam ini harus terus digelorakan mengingat permintaan darah selalu ada. Mudah-mudahan kegiatan ini mengguhah masyarakat sekaligus juga bisa membantu masyarakat yang membutuhkan. setetes darah kita tentu sangat berharga,” tukasnya setelah ikut menyumbangkan darah pada kegiatan kali ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *