KPU Buka Tahapan Pemilu 2024, Pemdaftaran Balon DPD RI dan DPRD Provinsi Mulai Dibuka

PANGKALPINANG, FAKTABERITA — Penerimaan Dokumen pengajuan bakal calon anggota DPRD Provinsi dan Penerimaan Dokumen Persyaratan Bakal Calon Anggota DPD RI resmi di buka hari ini.

Ketua KPU Babel, Davitri mengatakan sudah ada 18 bakal calon DPD RI yang dinyatakan lolos verifikasi dimulai 1 Mei hingga 14 Mei. Pendaftaran dibuka dari pukul 08.00-16.00 pada 1-13 Mei dan dari pukul 08.00-23.59 pada 14 Mei 2023.

“Ada 18 Bakala calon yang sudah lolos verifikasi administrasi dan disarankan mendaftar dimulai hari ini sampai 14 mei nanti,” ujar Davitri

Sedangkan untun bakal calon (Balon) anggota DPRD Provinsi harus diajukan parpol tingkat provinsi dan sudah melalui persetujuan ketua partai.

“Saya menganjurkan kepada Parpol yang ada di Babel balon maksimal memenuhi 100 persen jumlah maksimal alokasi kursi di sejumlah Dapil di Babel dengan alokasi (kota Pangkal Pinang 7 Kursi, Bateng 6, Basel 6 , Belitung Beltim 9, Babar 7, Kab Bangka 10) “, ujarnya.

Dilanjutkannya, Ketua KPU Babel ini pun menghimbau agar dapat mengisi kuota calon dewan perempuan minimal 30%.

” Nanti Parpol juga harus memenuhi kuota calon perwmpuan 30%, yang artinya misalkan ada tiga nama yang di daftarkan harus ada satu calon perempuan”, jelas Davitri.

Tidak lupa juga Davitri menghimbau kepada balon agar tidak langsung mendaftar sendiri karena KPU cuma menerima dari perwakilan partai.

“Ini juga penting untuk masyarakat, mendaftar caleg DPRD Provinsi ini, bukan datang sendiri bawa berkas ke KPU langsung daftar, tidak begitu. Karena kita hanya melanyani pemberkasan yang disodorkan oleh perwakilan Partai, ” kata Davitri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *