Lawan Radikalisme, Rudianto Tjen Ajak Masyarakat Perkuat Nilai 4 Pilar Kebangsaan

  • Whatsapp

TANJUNGPANDAN, FABERTA — Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Bangka Belitung, Ir. Rudianto Tjen mengajak masyarakat untuk terus konsisten dalam pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam empat Pilar Kebangsaan.

Menurutnya, pengamalan Empat Pilar tersebut yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dapat menjadi pilar utama dalam mencegah penyebaran paham terorisme maupun radikalisme di lingkungan masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Kita berharap bahwa apa yang telah menjadi empat pilar bangsa dan negara kita bisa kita implemtasikan sebagai bentuk dan upaya mencegah paham-paham yang melenceng seperti radikalisme, ” kata Rudi saat menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Rabu (9/6/2021).

Rudi menilai, pemahaman ekstrimis bisa menjamur karena kurangnya pemahaman masyarakat terhadap keempat pilar tadi. Sehingga, banyak peristiwa yang merusak dan memecah belah di mana dilatarbelakangi oleh oknum berpaham radikalisme.

“Karena yang kita lihat selama ini, banyak kejadian-kejadian teror karena oknum pelaku tersebut tidak memahami esensi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI,” ujarnya.

Rudi menekankan, bahwa masyarakat Tanah Air harus menyadari bahwa Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, ras dan budaya. Untuk mempertahankan itu semua, ia meminta, masyarakat mengedepankan sikap saling toleransi sesama.

“Bangsa dan negara kita ini terdiri banyak ragam unsur, sehingga kita harapkan agar masyarakat bisa mengedepankan nilai toleransi dari hal apapun yang bisa merusak persatuan dan keutuhan NKRI,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *