Lempah Kuning Khas Toboali Kini Hadir di Pangkalpinang, Molen langsung ‘Icip-icip’ Bareng Istri

  • Whatsapp
peresmian Lempah Kuning Juara oleh Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil bersama Mother of UMKM Kota Pangkalpinang, Monica Haprinda, Kamis, (29/7/2021). (Ist)

PANGKALPINANG, FABERTA — Lempah Kuning merupakan salah satu kuliner khas Bangka Belitung, yang memiliki cita rasa yang nikmat.

Lempah sendiri merujuk pada makanan yang berkuah, sementara kata kuning merujuk pada warna masakan yang kuning karena bumbu utamanya adalah kunyit.

Bagi anda yang menyukai hidangan berkuah kuning khas dari Toboali, kini sudah hadir Lempah Kuning Juara & Kopi Kustik Toboali, di Jalan KH. Abdurrahman Sidiq No. 53, Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkalpinang.

Bahkan, peresmian Lempah Kuning Juara ini diresmikan Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil bersama Mother of UMKM Kota Pangkalpinang, Monica Haprinda, Kamis, (29/7/2021).

“Lempah Kuning Juara & Kopi Kustik Toboali saat ini mempunyai dua gerai yang pertama di Jalan Jenderal Sudirman Toboali, tepatnya belakang kantor Pos. Hari ini kita buka gerai kedua di Kota Pangkalpinang,” kata Bagas, Pemilik Lempah Kuning Juara & Kopi Kustik Toboali.

Bagas mengatakan, Lempah Kuning Juara & Kopi Kustik Toboali ini akan dibuka besok, dengan berbagai macam jenis ikan sajian khas Negeri Junjung Besaoh.

“Menu spesial yang jadi pilihan utama itu lempah kepala ikan manggali, ikan kakap, ikan tenggiri dan sembilang. Itu menu utama yang kami sajikan,” ujarnya.

Untuk harga, kata Bagas, sangat bervariatif menyesuaikan dengan jenis ikan yang tersedia, karena ikan tersebut langsung didatangkan dari daerah Sadai Toboali.

“Ikan yang kami sediakan masih segar, karena langsung dari nelayanan di Sadai. Selain lempah kuning kita juga menyediakan kopi dan makanan ringan,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu penggemar Lempah Kuning Juara Toboali, Eddy Supriady mengatakan, kehadiran lempah kuning ini menjadi refrensi baru bagi para penikmat lempah kuning di Kota Pangkalpinang.

“Lempah kuning ini sangat luar biasa karena saat masih tugas di Toboali dulu hampir setiap hari langganan di Lempah Kuning Juara ini,” kata Eddy.

Menurut Kepala Disdikbud Kota Pangkalpinang ini, Lempah Kuning Juara memiliki citarasa khas, karena menggunakan bahan-bahan asli dari Toboali.

“Kalau biasanya saya makan lempah kuning ini di Toboali, sekarang tidak perlu jauh lagi sudah ada di Kota Pangkalpinang,” katanya. (Gusti)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *