Lewat ‘Kampus Mengajar’, Mahasiswa Diharapkan Bisa Berkontribusi untuk Daerah

  • Whatsapp

BATENG, FABERTA — Melalui program Kampus Mengajar yang diinisiasi oleh Bidang Riset dan Teknologi Kemendikbud RI, Mahasiswa bisa mengabdikan diri dengan mengajar di daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T). Serta di sekolah yang menyandang status akreditasi C.

Mendikbud RI Nadiem Makariem memaparkan tujuan diadakannya Kampus Mengajar yaitu untuk menghadirkan mahasiswa ditengah kekacauan proses belajar dimasa pandemi agar dapat memberikan penguatan pembelajaran literasi dan numerasi, membantu administrasi, dan membantu adaptasi teknologi terutama untuk Sekolah Dasar (SD) didaerah 3T.

 

Salah satu mahasiswi yang mengikuti program ini adalah Juwita. Mahasiswi yang sekarang menempuh Pendidikan Biologi di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berkesempatan untuk mengajar di SDN 15 Lubukbesar Kab. Bangka Tengah.

“Alhamdulillah saya bisa mengabdikan diri di SDN 15 ini, kebetulan juga juga cuma 9 Kilo Meter dari rumah”. Jelasnya. Selasa, (22/6/2021).

Menurut Juwita, mengajar di Sekolah Dasar cukup menantang, karena banyak perbedaan dengan cara mengajar di SMA seperti yang selama ini ia pelajari dikampus.

“cukup menantang, karena ternyata RPP anak SD berbeda dengan RPP anak SMA mata pelajaran biologi yang selama ini saya pelajari” ujar Juwita.

Juwita selaku mahasiswa kampus mengajar juga di berikan kesempatan untuk menjadi pembina Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat sekolah dasar bidang IPA.

Pada program kampus mengajar yang tergabung dalam Merdeka Belajar Kampus Mendeka (MBKM) ini mahasiswa diberikan kesempatan 3 bulan untuk mengabdi disekolah yang telah ditempatkan.

Salah satu keuntungan menarik mengikuti program ini adalah mahasiswa mendapatkan konversi 12 SKS untuk matakuliah yang relevan. Salah satu mata kuliah yang dikonversikan di UAD adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN), sehingga mahasiswa yang mengikuti program ini tidak perlu untuk mengikuti kegiatan KKN yang diselenggarakan oleh universitas.

Ada banyak pengalaman yang didapatkan dari program kampus mengajar, tak heran jika program ini banyak diminati oleh mahasiswa, kini pemerintah sedang membuka pendafataran kampus mengajar angkatan 2 dengan periode pendaftaran 15-30 Juni 2021. (Januar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *