Luhut Sebut Pemerintah Sudah Siapkan 480 Juta Dosis Vaksin

  • Whatsapp

NASIONAL, FABERTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim telah mengamankan 480 juta dosis vaksin Covid-19. Vaksin itu didapatkan setelah melakukan lobi-lobi dengan China, Australia dan Amerika Serikat (AS).

Luhut mengatakan, dengan ketersediaan stok vaksin yang banyak akan dapat mengejar target pemerintah menyuntikkan satu juta dosis vaksin per hari.

Bacaan Lainnya

“Indonesia telah mengamankan stok vaksin sementara 480 juta. Pada Juli ditargetkan 1 juta per hari, saya laporkan kadang-kadang lebih, kadang-kadang di bawah,” ujar Luhut dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis (15/7/2021).

Menurutnya, persentase pelaksanaan vaksinasi tertinggi yakni untuk Pulau Bali yang sudah menyentuh angka 80 persen. Sementara untuk Jakarta, sudah mencapai setengah dari total penduduknya.

Luhut menjelaskan selain melobi vaksin, sejumlah bantuan terkait fasilitas kesehatan lainnya seperti oksigen konsentrator telah didapatkan. Dia pun meminta negara-negara lain yang ingin memberikan bantuan kepada Indonesia berupa alat kesehatan bukan dalam bentuk uang.

“Kami sudah menerima bantuan internasional. Ini Anda lihat negara-negara yang sudah kita hubungi dan mereka sudah jalan, dari Singapura, Uni Emirat Arab, saya sudah bicara menterinya juga dari Tiongkok, kebetulan dari Australia,” kata dia.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan, saat ini banyak kasus mereka yang sudah divaksin pun tetap terjangkit Covid-19 varian delta. Namun dari kasus-kasus yang ada, vaksin setidaknya mampu mengurangi efek yang dirasakan.

“Kecepatan vaksin ini penting, walaupun menurun efekasinya di varian delta. Tapi pengalaman kita yang sudah divaksin tidak terlalu parah efeknya saat terjangkit,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *