Mantap! Cadangan Batubara RI Tahan Sampai Satu Abad

  • Whatsapp
Ilustrasi/istimewa

NASIONAL, FABERTA — Pemerintah bakal terus mendorong batubara menjadi salah satu komoditas andalan di sektor pertambangan. Hal ini lantaran banyaknya cadangan batubara yang tersedia di perut Indonesia.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara, Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sujatmiko, memastikan setidaknya cadangan itu masih ada hingga satu abad ke depan.

Bacaan Lainnya

“Pada praktiknya teman-teman tambang akan selalu menjaga keberlanjutan tambang, sehingga akan terus melakukan eksplorasi untuk meningkatkan status dari sumber daya menjadi cadangan. Artinya dalam perhitungan ekonomi masih ada satu abad cadangan batubara yang bisa ditambang,” kata dia dalam dialog virtual di Jakarta, Rabu 1 September 2021.

Menurut dia, proyeksi itu berangkat dari data Badan Geologi pada tahun 2020, di mana Indonesia paling tidak memiliki 143,7 miliar ton sumber daya yang satu ini. Sebanyak 38,8 miliar ton merupakan cadangan batubara.

Bila hilirisasi batubara diterapkan, cadangan sebanyak hampir 39 miliar ton tersebut menurutnya akan bisa tetap ada untuk jangka panjang. Dengan asumsi rata-rata produksi 600 juta ton per tahun, lanjut Sujatmiko, cadangan tersebut setidaknya akan masih bisa dimanfaatkan lebih dari 50 tahun.

“Cadangan kita itu kurang lebih seumuran manusia lah rata-rata 65 sampai 70 tahun cadangan ini akan tetap ada. Kalau tidak ada, sumber daya berubah jadi cadangan,” tuturnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *