Menkeu Sri Mulyani Beberkan Cara Jadi Negara Berpenghasilan Tinggi

  • Whatsapp
Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani. (Istimewa)

NASIONAL, FABERTA — Menteri Kuangan Sri Mulyani Indrawati membeberkan kunci sukses mengubah negara dari pendapatan menengah ke pendapatan tinggi. Menurutnya, langkah utama yang harus dilakukan yakni dengan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki.

Sosok yang karib disapa Ani menjelaskan, hingga sekarang banyak negara yang mampu melepaskan diri dari pendapatan bawah lalu naik kelas menjadi negara berpendapatan menengah.

Bacaan Lainnya

Kendati demikian, mereka sulit untuk lepas dari jebakan negara berpendapatan menengah atau middle income trap untuk naik kelas menjadi negara berpenghasilan tinggi.

“Kunci SDM untuk sehat memiliki kemampuan baik itu skill secara motorik maupun secara intelektual skill secara emosional itu menjadi sangat penting,” kata Ani dalam dialog virtual di Jakarta, Jumat (20/8/2021).

Menurutnya, selain faktor pendidikan dan kompetensi SDM, kesehatan juga penting agar bisa keluar dari jebakan pendapatan menengah. Oleh karena itu, perlu adanya reformasi pada bidang pendidikan dan kesehatan secara lebih massif.

Terlebih lagi, kata Ani, saat ini tengah merebak pandemi Covid-19 di seluruh dunia. Maka, diperlukan penanganan yang cepat dan mendalam dari pemerintah.

“Sekarang kita sedang menghadapi pandemi dan terasa sekali pada saat ini kita melihat bagaimana respon terhadap sebuah kesehatan yang melanda dunia akan sangat tergantung kepada sistem kesehatan,” kata dia.

Ani menambahkan, pemerintah mengajak seluruh pemuda atau generasi milenial untuk berperan aktif melawan penyebaran wabah yang menyerang pernapasan ini. Kontribusi dan pemikiran milenial dalam membangun sistem kesehatan yang baik sangat dibutuhkan negara.

“Saya mau ajak kepada milenial, ayo pada saat kita menghadapi pandemi sekaligus melihat dan meneropong serta meneliti bagaimana membangun sistem kesehatan yang baik di Indonesia,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *