FOTO: Meski Harga Ikan Naik, Daya Beli Tetap Tinggi, Pedagang: Berkah Bulan Puasa

  • Whatsapp

PANGKALPINANG, FABERTA — Harga Ikan Laut di Pasar Ikan Pasir Putih, Pangkalpinang menunjukkan trend kenaikan yang signifikan sejak Februari 2021 hingga sekarang.

Bacaan Lainnya

Kendati harga ikan melambung tinggi, daya beli masyarakat di pasar tersebut tetap stabil bahkan meningkat.

Iyon, salah satu pedagang ikan di pasar tersebut menyampaikan bahwa kenaikan harga ikan disebabkan oleh berkurangnya hasil tangkapan nelayan akibat cuaca buruk.

“Permintaan ikan banyak tapi stok ikannya yang sedikit, soalnya tangkapan nelayan kurang gara-gara angin kencang,” katanya kepada faktaberita.co.id, Rabu (21/4/2021).

Iyon menyebutkan bahwa kenaikan terjadi pada harga cumi dan ikan tenggiri, untuk cumi sebelumnya Rp.80.000 saat ini mencapai Rp.100.000 per kilo gram.

Sedangkan Ikan Tenggiri sekarang menyentuh angka Rp.145.000 per kilogram. Namun, kata dia, ikan yang paling sering di konsumsi ialah jenis ciu seharga Rp. 40.000.

“Tapi pasar ikan gak pernah sepi bang, pasti ada aja yang beli ikan ya walaupun gak banyak tapi lumayan lah. Berkah bulan puasa sepertinya,” sebutnya

Kendati demikian, kenaikan harga ikan juga turut dikeluhkan oleh sebagian masyarakat. Hanya saja, untuk menutupi kebutuhan dan pemenuhan nutrisi di bulan Ramadhan, masyarakat tetap membeli.

Laporan/Foto: Januar

Editor: Rais

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *