Mobil Sehat PT Timah Datangi Warga Jelitik, Tjen A Kim Senang Berobat Jadi Lebih Dekat

  • Whatsapp

BANGKA, FABERTA –  Tjen A Kim (61) berjalan hati-hati dengan tongkat di tangannya. Dibantu salah satu keluarganya ia berjalan memasuki kantor Lurah Jelitik. Matanya sudah sejak lama tidak bisa melihat dengan jelas.

Meski harus dituntun dirinya begitu semangat mendatangi mobil sehat PT Timah Tbk yang kali ini memberikan pelayanan kesehatan gratis di Kantor Lurah Jelitik, Kamis (1/7/2021).

Tjen A Kim salah satu dari puluhan warga kelurahan Jelitik, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka yang antusias mendapatkan pelayanan kesehatan gratis bagi puluhan masyarakat sekitar.

“Saya biasa berobat ke Bidan, kalau ke Puskesmas jauh dari sini. Banyak lah keluhan mau cek gula, kolesterol. Mata ini makin sakit, makin tidak kelihatan,” katanya usai mendapatkan pelayanan dari paramedis di mobil sehat.

Ia mengaku senang dengan adanya mobil sehat PT Timah Tbk, sehingga dirinya bisa memeriksakan kembali kesehatannya. Ada beberapa keluhan yang dirasakannya badannya gatal, kaki sering ngilu. Namun, Ia bersyukur setelah hasil pemeriksaan kondisi kesehatannya tak terlalu parah.

“Mobil sehat PT Timah Tbk bantu saya jadi lebih mudah berobat. Semoga jangan sekali, nanti datang lagi jadi bisa berobat lagi. Dikasih obat dan grastis juga,” katanya.

Senada, Acin (62) mengaku dengan adanya mobil sehat dengan menerapkan protokol kesehatan ini tidak membuat dirinya khawatir untuk memeriksakan kesehatan.

“Tadi awalnya ragu mau datang, karena takut ramai. Ternyata tidak, karena bergiliran jadi tidak menumpuk. Protokol kesehatannya juga dijalankan. Senanglah berobat seperti ini,” katanya.

Menurutnya, sejak pandemi Covid-19 ini dirinya enggak untuk memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan. Pasalnya takut tertular Covid-19. Padahal dia memiliki beberapa riwayat penyakit.

“Ngeri lah kalau sekarang ni, kalau mobil sehat ini kan mereka yang datang terus warga yang berobat juga warga sini semua. Lebih aman lah. Saya mau periksa kolesterol dan lainnya karena ada riwayat sakit juga,” ujarnya.

“Semoga nanti mobil sehat PT Timah Tbk ini sering datang ke sini. Bukan cuma sekali, jadi kami jadi rutin periksa kesehatan. Mencegah lebih baik dari mengobati,” ujarnya.

Sementara itu Lurah Jelitik, Achmad Riyadi mengatakan, saat pandemi Covid-19 ini kesehatan menjadi hal yang paling penting. Untuk itu, dengan adanya pemeriksaan ini bisa menjadi upaya edukasi dan juga antisipasi berbagai potensi penyakit yang berbahaya.

“Kalau Puskesmas cukup jauh dari sini, sekitar 5 KM karena adanya di Kenanga. Ketika ada pelayanan kesehatan di sini makanya kita informasikan warga untuk datang dan ini bisa dilihat antusias warga yang datang berobat banyak. Pemeriksaan kesehatan ini kan upaya untuk mencegah agar sakitnya tidak makin parah,” kata dia.

Menurutnya, pelayanan kesehatan seperti ini sangat ditunggu-tunggu warga apalagi ini diberikan secara gratis. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi untuk berobat jauh-jauh. Tak hanya itu, baginya dengan hadirnya mobil sehat PT Timah di wilayah mereka merupakan bentuk komitmen PT Timah peduli terhadap kesehatan masyarakat.

“Kesehatan ini kan sangat penting, PT Timah sudah bersinergi dengan kita untuk memberikan pelayanan kesehatan secara gratis ini. Kita berharap ini continue sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan rutin. Karena kalau di sini yang rutin itu hanya posyandu,” sebutnya.

Camat Sungailiat, Ramzi mengapresiasi kedatangan mobil sehat PT Timah Tbk yang sudah datang kedua kalinya di kecamatan mereka. Sebelumnya, mobil sehat sudah memberikan pelayanan kesehatan bagi warga Nelayan.

“Kami sangat menyambut baik dan mengapresiasi kedatangan mobil sehat PT Timah Tbk, telah membantu warga Kelurahan Jelitik untuk memeriksakan kesehatannya. Semoga nanti juga kelurahan lainnya juga bisa didatangi mobil sehat,” ujarnya.

Menurutnya, pelayanan kesehatan yang langsung menjangkau masyarakat ini diharapkan juga dilaksanakan di Kelurahan lainnya juga. Sehingga semakin banyak masyarakat yang terbantu.

Selama ini, kata dia CSR PT Timah Tbk juga sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh warganya. Ia berharap, kedepannya sinergi dan kolaborasi ini dapat terus terjalin sehingga semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaat kehadiran PT Timah Tbk.

“CSR PT Timah sudah sering membantu warga kita, kita berharap ini bisa terus berlanjut dan semoga PT Timah semakin sukses,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *