Mobil Sehat PT Timah Layani Kesehatan Masyarakat Bangka Selatan

  • Whatsapp

BANGKA SELATAN, FABERTA – PT Timah Tbk kembali memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat Bangka Selatan (Basel) melalui mobil sehat di Kelurahan Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali, Bangka Selatan, Selasa (16/3).

Ini merupakan kali pertamanya mobil sehat PT Timah mendatangi Bangka Selatan. Mobil sehat yang diluncurkan pada akhir tahun 2020 lalu, sebelumnya telah mendatangi sejumlah wilayah diantaranya di Sungailiat Kabupaten Bangka, di Desa Tanjung Gunung, Bangka Tengah, di Tempilang Bangka Barat.

Bacaan Lainnya

Layanan yang ada di mobil sehat ini melayani masyarakat umum dan lansia yang membutuhkan pengobatan, terutama di tengah pandemi Covid-19. Pelayanan kesehatan ini dilaksanakan dengan mengutamakan protokol kesehatan.

Pelayanan mobil sehat PT Timah ini disambut antusias dari masyarakat dan juga Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid yang turut hadir dalam kegiatan pembukaan pengobatan mobil sehat. Kegiatan ini juga turut dihadiri Wakil Bupati Bangka Selatan, Deby Vita Dewi dan Forkompinda Bangka Selatan.

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid mengatakan, kesehatan merupakan pelayanan dasar yang harus dirasakan masyarakat. Dimana, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Basel sangat memprioritaskan bidang kesehatan.

Menurutnya, pelayanan kesehatan gratis PT Timah melalui mobil sehatnya merupakan salah satu program yang mendukung pemerintah daerah dalam mewujudkan pelayanan kesehatan gratis, hanya dengan menggunakan KTP. Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah.

“Kami sangat mengutamakan kesehatan dan ini menjadi fokus kami di Bangka Selatan. Kami juga punya janji politik untuk berobat gratis hanya dengan KTP. Mobil sehat ini salah bentuknya yang dilakukan oleh CSR PT Timah Tbk. Kami berharap pengusaha di Basel ini berkolaborasi dengan Pemda untuk bisa mewujudkan kesehatan gratis bagi masyarakat Basel,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Riza berharap agar mobil sehat PT Timah untuk bisa stay di Bangka Selatan, tidak hanya datang sesekali. Baginya, masyarakat sangat membutuhkan pelayanan kesehatan gratis sehingga dengan mobil sehat ini dapat menjangkau seluruh masyarakat.

“Saya terima kasih kepada PT Timah, program ini sangat membantu sekali, dan sejalan dengan program pemda. Harapan kami mewakili Basel dan forkompinda minta tolong agar mobil standby agar program pemerintah bisa berobat gratis dibantu semua lini. Saya meyakini dengan uluran tangan dari perusahaan, masyarakat kami akan tertolong dan perlu kolaborasi sehingga efeknya untuk masyarakat Basel. Terimakasih PT Timah,” ujarnya.

“Mobil sehat ini sangat besar manfaatnya, PT Timah eksis membantu masyarakat Basel, semoga bantuan ini jangan sampai di sini sehingga masyarakat basel semakin sayang dengan PT Timah,” katanya.

Salah satu masyarakat yang mengikuti pemeriksaan kesehatan di mobil sehat, Sumarni (60) mengatakan, dirinya sangat senang adanya pemeriksaan kesehatan gratis ini. Apalagi belakangan ini dirinya memiliki banyak keluhan.

“Saya dapat kabar dari Pak RT untuk berobat ke Kelurahan ada gratis dari PT Timah, banyak keluhannya sekarang ini mata gabur banyak penyakit, kalau diperiksa seperti ini kan bisa dikasih obat. Saya sangat senanglah, karena kan kalau mau berobat tidak ada uang, kalau ini gratis. Semoga nanti lebih sering datang,” ujarnya.

Senada juga diungkapkan Arpa (70), yang merasa terbantu dengan adanya mobil sehat ini, dirinya tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan pengobatan. “Sangat terbantulah, banyak sakitnya ini ngilu-ngilu, semoga nanti di kasih obat,” ujarnya.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah, Anggi Siahaan mengatakan Mobil Sehat PT Timah merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Selain itu, melalui mobil sehat ini diharapkan masyarakat juga dapat mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus berpikir soal biaya.

“Mobil sehat ini sudah dilakukan di beberapa tempat dan ini berkeliling mendatangi warga yang membutuhkan pelayanan. Dengan mobil sehat ini kita berharap dapat mewujudkan pelayanan kesehatan masyarakat yang terjangkau,” kata Anggi.

Ia berharap, mobil sehat ini dapat dimanfaatkan masyarakat secara maksimal untuk memeriksakan kesehatan. Pasalnya, mobil ini juga dilengkapi dengan dokter, tenaga medis dan juga obat-obatan. (fb)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *