MoU Dengan Kejari Basel, Bupati Riza Minta Para Kades Hati-hati Mengambil Kebijakan

  • Whatsapp
penandatanganan naskah kerjasama antara Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Selatan dengan Bupati Bangka Selatan dan kepala desa se-Bangka Selatan, Rabu (7/7/2021). (Ist)

BANGKA SELATAN, FABERTA – 50 Kepala Desa di Kabupaten Bangka Selatan mengikuti acara penandatanganan naskah kerjasama antara Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Selatan dengan Bupati Bangka Selatan dan kepala desa se-Bangka Selatan, pada Rabu (7/7/2021).

Dalam momen tersebut, Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid menuturkan bahwa para Kades se-Bangka Selatan untuk bersinergi dengan pihak Kejari terkait pendampingan maupun bantuan hukum dalam setiap penggunaan anggaran desa.

Bacaan Lainnya

“Bagi para kades saat kegiatan apapun yang menggunakan anggaran desa harus konsultasi dengan pihak Kejari sebagai pendampingan dan bantuan hukum,” kata Riza Herdavid saat memberikan sambutan di Ruang Rapat Gunung Namak.

Lanjutnya Riza, atensi setiap Kades dalam mengambil kebijakan juga harus berhati-hati agar tak tersandung dengan masalah hukum.

“Seperti yang saya dengar ada informasi terkait kasus sengketa lahan baru-baru ini, jadi jangan asal tanda tangan, ini lah fungsinya dengan adanya MoU dengan Kejari, sebelum mengambil kebijakan itu, kita bisa konsultasi hukum dengan pihak Kejari,” tukasnya.

Sementara itu, Kajari Bangka Selatan, Mayasari mengatakan bahwa adanya MoU ini pihaknya bisa membantu Kades maupun OPD di Pemkab untuk memberikan bantuan dalam aspek hukum.

“Terkait dengan ini, para kades jika melakukan kegiatan desa, pihaknya bisa melakukan pengawasan dan pendampingan terkait serapan dana desa,” jelas Mayasari.

Kajari juga mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan penjadwalan untuk siap menerima laporan aaupun pengaduan dari desa terkait itu.

“Nanti dari Jaksa Pengacara Negara (JPN) dan juga akan ada dari pihak Polri untuk membantu jika ada permasalahan terkait hukum,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *