Mulkan Pastikan Stok Beras Aman untuk Kebutuhan Ramadan

  • Whatsapp

SUNGAILIAT, FABERTA – Bupati Bangka Mulkan, memastikan stok beras aman untuk kebutuhan masyarakat menyambut bulan suci ramadan 1442 Hijriah.

“Saya memastikan stok pangan beras masyarakat cukup aman karena pasokan dari luar Pulau Bangka sampai saat ini yang tidak mengalami hambatan, juga didukung hasil panen padi petani lokal,” kata Mulkan, Senin (5/4).

Bacaan Lainnya

Bupati mengakui kebutuhan beras masyarakat maupun komoditi lain sebagian besar dipasok dari daerah luar Pulau Bangka, seperti dari Jawa, Palembang dan Lampung. Namun, terdapat pula sejumlah komoditi kebutuhan masyarakat hasil dari petani setempat.

“Produksi padi sawah di daerahnya saat ini baru mencapai 7,9 ribu ton setiap musim dari 1.991,1 hektar lahan sawah yang digarap petani, atau 19 persen kemampuan memenuhi kebutuhan beras untuk masyarakat, jelasnya.

Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bangka, stok beras di tingkat pedagang tercatat sebanyak 50 ton, gula terdapat 13 ton dan minyak sebanyak 12.2 ton, terigu tersedia 7,5 ton, jagung 630 kilogram, kacang tanah 700 kilogram, kacang hijau 625 kilogram serta kacang kedelai masih tersedia 3 ton.

Bupati mengatakan, pihaknya akan melakukan operasi pasar saat terjadi lonjakan permintaan masyarakat dan kenaikan harga kebutuhan, guna membantu menstabilkan harga kebutuhan pokok.

“Kami akan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Bulog untuk memastikan ketersediaan stok pangan masyarakat serta pengawasan distribusi di pasar,” jelasnya. (Sandy Sinaga)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *