Operasional Triwulan IV 2022 Polda Babel: Tindak Pidana Naik, Laka Lantas Turun

Istimewa

BANGKA BELITUNG, FAKTABERITA — Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Irjen Pol Yan Sultra menyebutkan adanya peningkatan tindak pidana pada Triwulan IV 2022. Namun di lain sisi, tren laka lantas dilaporkan mengalami penurunan selama Triwulan IV 2022.

Hal ini disampaikan saat gelaran Operasional Triwulan IV TA. 2022 bidang operasional dan pembinaan Polda Kep. Bangka Belitung di Gedung Tribrata, Selasa (24/1/2023).

Diketahui, jumlah tindak pidana selama Triwulan IV 2022 sebanyak 565 kasus, sedangkan pada Triwulan III sebanyak 535 kasus, atau mengalami kenaikan sebanyak 30 kasus (naik 6%). secara kualitas masih didominasi kasus cursa, curat, curanmor, penipuan dan penggelapan, anirat serta narkoba.

Sedangkan, jumlah laka lantas yang terjadi di wilayah hukum Polda Babel dan jajaran pada Triwulan IV tahun 2022 sebanyak 87 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 37 jiwa, sedangkan Triwulan III 2022 sebanyak 101 kasus, dengan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 50 jiwa.

“Trend laka lantas mengalami penurunan sebanyak 14 kasus atau 14 persen dan korban meninggal dunia turun sebanyak 13 orang atau 26 persen,” kata Yan melalui keterangan yang diterima.

Sementara, jumlah pelanggaran lalu lintas pada Triwulan IV tahun 2022 sebanyak 14.628 perkara, sedangkan pada Triwulan III ta 2022 sebanyak 13.612 perkara atau mengalami kenaikan sebanyak 1.016 perkara atau naik 7 persen.

Berdasarkan hasil anev diatas, Kapolda Yan mengatakan bahwa diperlukan langkah-langkah preventif di daerah rawan kejahatan, karena tindak pidana pada tw IV masih mengalami kenaikan. Sedangkan di bidang lalu lintas, mengalami penurunan pada jumlah kasus kecelakaan dan korban meninggal.

“Namun harus tetap kita atensi khususnya jajaran lalu lintas, untuk berupaya kembali menekan angka kecelakaan lalu lintas dengan memberikan edukasi tertib berlalu lintas, peningkatan patroli serta menggelar kekuatan di daerah rawan kecelakaan,” kata dia.

“Tugas dan tantangan polri semakin lama semakin meningkat dan kompleks. hal ini seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi informasi serta kebutuhan rasa aman dan nyaman oleh masyarakat,” sambungnya.

Melalui pelaksanaan gelar operasional ini, Kapolda Babel berharap bisa menjadi momentum perubahan dan perbaikan dalam pelaksanaan tugas di masing-masing satker.

“Seluruh tunggakan penanganan perkara, dumas masyarakat serta permasalahan lainnya yang berlum terlaksana di tahun 2022 lalu, hendaknya segera dituntaskan agar di triwulan 1 tahun 2023 sudah memberikan hasil yang lebih baik,” pungkasnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *