Peduli Warga Pra Sejahtera, IKABA Muntok Salurkan Donasi Bantuan Hingga Ratusan Juta Rupiah

  • Whatsapp

MUNTOK, FABERTA — Ikatan Keluarga Besar Muntok (IKABA), sebuah paguyuban kolaboratif yang dilandasi spirit gotong royong, kepedulian, dan solidaritas belum lama ini menginisiasi penggalangan dana untuk membantu masyarakat prasejahtera di Kabupaten Bangka Barat.

Dalam kurun waktu kurang dari satu bulan sejak penggalangan dana dimulai, IKABA Muntok berhasil mengumpulkan donasi total senilai Rp Rp. 254.125.000.

Bacaan Lainnya

“Dari total donasi tersebut, sumbangan yang berasal dari orang Muntok senilai
Rp. 98.225.000 atau 39 persen dan sumbangan dari kalangan Bapak Henricus Herikes senilai Rp. 155.900.000 atau 61 persen,” kata Bendahara Umum IKABA Muntok, Nurlia Rasyid atau Nongya dikonfirmasi Faberta, Rabu (1/9/2021).

Salah satu pendiri sekaligus pengawas IKABA Muntok, Henricus Herikes, menjelaskan donasi yang terkumpul tersebut digunakan untuk kegiatan bakti sosial (Baksos) bagi keluarga pra sejahtera di Muntok, Bangka Barat.

“Jadi Baksos ini bagian dari rangkaian acara kita menjelang HUT ke-2 IKABA pada 14 September 2021 mendatang. Sebelumnya penyaluran baksos tahap 1 sudah kita salurkan pada tanggal 7 dan 8 Agustus 2021 untuk keluarga pra sejahtera di Muntok,” ujar Henricus.

Terpisah, Ketua Umum IKABA Muntok, Arif Syafrie menuturkan paguyuban IKABA Muntok yang didirikan dengan akta notaris pada tanggal 14 September 2019 tersebut selama ini sudah banyak melakukan kegiatan bakti sosial dan bukan baru kali ini saja.

“Sejak IKABA didirikan hingga kini sejumlah kegiatan telah kita lakukan yang kita awali dengan mengadakan pertemuan bersama tokoh-tokoh masyarakat Muntok. Kemudian pada tahun 2020, ada sejumlah kegiatan sosial seperti sunatan massal, pembagian sembako, sumbangan ke rumah-rumah ibadah semua agama dan yang terakhir sumbangan 250 paket sembako pada tanggal 8 Agustus 2021 dan akan dilanjutkan lagi pembagian sembako tahap dua dengan jumlah sama yang direncanakan 14 September mendatang bertepatan dengan HUT kedua IKABA,” kata Arif.

Menurut Arif, sejalan dengan misi yakni berperan aktif dalam program pemberdayaan masyarakat dan sosial, IKABA Muntok akan senantiasa menjaga semangat berbagi agar kehadiran IKABA senantiasa memberi dampak bagi sesama sekecil apapun itu.

“Semangat itu yang coba kita jaga lewat tindakan konkret kita salah satunya dengan penggalangan dana yang hasilnya dikembalikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan di Muntok dan umumnya di Bangka Barat. Aksi solidaritas sosial ini membuktikan bahwa kehadiran kita memberi dampak bagi sesama,” tukas Arif.

Sekedar diketahui, paguyuban IKABA Muntok didirikan sebagai wadah untuk menyatukan orang-orang dan diaspora Muntok yang kini tersebar di berbagai tempat baik dalam maupun luar negeri.

IKABA Muntok didirikan lewat akta pendirian tertanggal 14 September 2019 oleh para pendiri awal yakni Henricus Herikes, Husni Thamrin (Alm), Mahdar Kadir, Zeldy Burhan, Sjukri Isa, dan mantan Bupati Bangka Barat, Markus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *