Pekan Ilmiah Pertambangan Universitas Bangka Belitung, Wadah Pembentukan Karakter Cakap Ilmu dan Teknologi

  • Whatsapp

BABEL, FABERTA — Universitas merupakan institusi pendidikan yang tidak hanya menjadikan mahasiswa berkembang di bidang ilmu pengetahuan, melainkan juga teknologi dan seni. Bukan hanya melalui kegiatan belajar mengajar tapi juga melalui pembentukan karakter yang lebih matang agar menjadikan mahasiswa lebih optimal dan siap untuk terjun langsung ke lingkungan kerja maupun masyarakat luas nantinya.

Untuk pembentukan karakter tersebut, perlu diadakannya kegiatan kreasi dari kreatifitas yang bervariasi dimana salah satunya melalui PIP (Pekan Ilmiah Pertambangan).

Istimewa

PIP merupakan kegiataan ilmiah yang mengenalkan dunia pertambangan kepada kalangan pelajar maupun umum baik tingkat lokal mapun nasional, dengan menampilkal kegiatan yang terdiri dari dua rangkaian acara, yaitu kegiatan seminar nasional dan kegiatan lomba yang dimana terdiri dari dua sasaran yaitu eksternal yakni lomba Internasional Student Paper Competition (ISPC), poster ilmiah, cerdas cermat, mural, video pendek, Mine-PORTION (Mining Photography Competition), orasi ilmiah, dan stand up comedy. Sedangkan internal terdiri dari HIMATA Student Mining Competition (HSMC) tahun 2021.

Mengusung tema ‘Optimalisasi Penguasaan Pengetahuan dan Teknologi Pertambangan Yang Mendukung Pembangunan Berkelanjutan’ melalui PIP diharapkan para mahasiswa maupun kalangan siswa dan umum agar dapat menguasai keilmuan dan teknologi pertambangan yang mendukung pembangunan berkelanjutan disertai optimalisasi dalam mengimplementasikannya guna mewujudkan kehidupan yang lebih baik dimasa yang akan datang.

Dalam kegiatan PIP ini, seluruh peserta yang terlibat dituntut untuk dapat lebih aktif, kreatif dan antusias serta dapat memberikan motivasi pada setiap individu yang terlibat dalam kegiatan tersebut, serta diharapkan melalui kegiatan ini akan muncul nilai-nilai positif yang diwujudkan melalui semangat belajar dan berkarya untuk mencapai tujuan pendidikan yang berkarakter.

Dengan dasar dan tujuan inilah, Himpunan Mahasiswa Pertambangan (HIMATA) Universitas Bangka Belitung (UBB) 2021 berinisiatif menyelenggarakan dan merumuskan PIP untuk nantinya dapat terlaksana sesuai dengan fungsinya yakni menggali sebanyak-banyaknya ilmu serta pengalaman yang akan menjadi modal masa depan menuju pertambangan yang lebih baik.

Kegiatan PIP 2021 akan dilaksanakan selama 12 hari dari 20 September hingga 1 Oktober 2021 Lapangan Parkir Teknik Universitas Bangka Belitung (UBB).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *