Pelaku Pengrusakan Rumah Dewa Pemakamam Tionghoa di Toboali Masih Misterius

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid bersama pejabat langsung turun meninjau lokasi kejadian. Foto: ist

BANGKA SELATAN, FAKTABERITA — Altar bangunan atau tempat ibadah di tengah pemakaman Tionghoa di kota Toboali Kabupaten Bangka Selatan hancur berserakan, diduga dirusak orang tidak bertanggungjawab yang hingga saat ini masih belum diketahui, Selasa (12/7/2022).

Tempat ibadah yang dirusak tersebut merupakan rumah dewa penjaga makam yang dipercayai oleh etnis tionghoa di Toboali.

Bacaan Lainnya

Altar yang berdiri disitu pun habis dirusak hingga cukup parah. Jimmy selaku pengelola yayasan mengatakan, peristiwa itu diketahui Selasa pagi dalam kondisi bangunan sudah berserakan.

“Kemungkinan pengrusakan malam hari dan baru kami ketahui pagi hari ini (Selasa-red). Yang dirusak atap, pipa saluran pembuangan air dan termasuk tiga altar ikut dirusak,” kata Jimmy.

Di lokasi bangunan ditemukan batu-batu berukuran cukup besar yang mana diduga pelaku pengrusakan merusak bangunan menggunakan batu dengan cara dilempar.

Peristiwa itu sudah dilaporkan oleh pihak yayasan kepada pihak kepolisian Polres Bangka Selatan. Belum diketahui motif pengrusakan tempat suci umat tionghoa tersebut.

“Sebelumnya tidak ada persoalan apapun, tau-tau sudah dirusak. Memang kalau malam hari sering pemuda nongkrong di situ. Kemungkinan dirusak karena mabuk,” tutur Jimmy.

Menurut dia, kejadian itu bukan yang kali pertama. Ia berharap semoga kejadian ini menjadi yang terakhir dan tidak terulang pada masa yang akan datang.

“Dulu sudah pernah juga. Kami berharap kepada pihak kepolisian agar segera dapat mengungkap kasus pengrusakan rumah Dewa Kuburan Kompleks Pemakaman Tionghoa Yayasan Dharma Bhakti ini,” harapnya.

Pihak kepolian Polres Bangka Selatan masih melakukan menyelidiki pengrusakan tersebut.

“Kami masih melakukan olah tempat kejadia perkara (TKP),” ujar Kasat Reskrim Polres Bangka Selatan, AKP Chandra, Selasa Siang.

Sementara itu, Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid turut prihatin atas kejadian pengrusakan tersebut. Riza bersama pejabat langsung turun meninjau lokasi kejadian.

Dalam kesempatan itu, Riza menginstruksikan dinas PUPRHub untuk melakukan perbaikan atas kerusakan rumah Dewa Perkuburan Tionghoa tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *