Pemeriksaan Swab PCR Labkesda Pangkalpinang Kini Capai 32 Sampel Per Hari, Target 96 Sampel

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr Masagus Hakim, (Ist)

PANGKALPINANG, FAKTABERITA.CO.ID — Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang, dr Masagus Hakim mengungkapkan, kemampuan pemeriksaan tes swab PCR di Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Pangkalpinang mencapai 32 sampel perhari.

“Labkesda kita sudah mulai jalan satu minggu ini dan kita sudah mendapatkan user id, tapi pemeriksaan baru bisa 32 sampel setiap hari, jadi berapa hari ini yang kita umumkan terkait Covid-19, itu dari Labkesda Kota Pangkalpinang,” ujar dr Masagus Hakim, Jumat, (27/2/2021).

Ia mengatakan, pihaknya menargetkan pemeriksaan sampel di Labkesda Kota Pangkalpinang naik menjadi 96 sampel perhari, agar pemeriksaan Covid-19 dapat segera terdeteksi dengan cepat.

“Kedepan kalau sudah siap kita akan menaikan menjadi 96 sampel setiap hari, jadi Alhamdulillah sudah bisa bantu masyarakat dengan pemeriksaan cepat, selain itu ada juga antigen yang lebih cepat, tapi belum bisa dijadikan diagnostik,” jelasnya.

Dokter Hakim menyebutkan, untuk pemeriksaan sampel Labkesda membutuhkan waktu tiga sampai empat jam, hasilnya sudah dapat diketahui.

“Pemeriksaan itu kita melakukan pengambilan swab, nah bahan ini yang kita masukan ke lab PCR kemudian lab ini diproses sekitar tiga jam jadi hasil ini bisa keluar,”pungkasnya. (FB)


Editor : Robby Setiawan

Laporan :  Jhonny

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *