Pemerintah Percepat Transformasi Digital di Semua Sektor

  • Whatsapp

BANGKA TENGAH,FABERTA — Memasuki era modern ini, transformasi digital perlu dilakukan dengan pembangunan infrastruktur digital berupa jaringan internet, hingga ke seluruh pelosok negeri.

Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Prof. Dr. Henry Subiakto, menilai transformasi digital sebagai langkah untuk menyiapkan kehidupan baru berbasis pada teknologi digital.

Bacaan Lainnya

“Ke depannya perekonomian kita juga akan beralih ke ekonomi digital, karena akan berkembang uang e-Money. Maka kami mengajak bersama-sama untuk menyiapkan masyarakat menuju arah digitalisasi, dan itu tidak lama,” kata Hendry saat sosialisasi mewujudkan transformasi digital di Hotel Santika, Selasa, (23/3/2021).

Hendry mengatakan, Presiden RI Joko Widodo memiliki lima langkah percepatan transformasi digital. Pertama, segera melakukan percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital, dan penyediaan layanan internet.

Kedua, persiapkan roadmap digital di sektor strategis. Baik sektor pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, pendidikan, kesehatan, perdagangan, industri maupun penyiaran.

Kemudian yang ketiga, percepat integrasi pusat dana nasional. Keempat, menyiapkan kebutuhan SDM talenta digital, dan kelima yang berkaitan dengan regulasi skema pendanaan segera dipersiapkan secepat-cepatnya.

Selain lima langkah percepat transformasi tersebut, DPR RI saat ini sedang merancang Undang-Undang tentang Perlindungan Data Pribadi.

“Setiap orang punya data pribadi. Kalau data pribadi sifatnya umum seperti nama, agama mungkin hal biasa, tetapi data pribadi yang spesifik seperti orientasi politik, kesehatan, hobi kita. Memang semakin banyak beraktivitas di dunia digital semakin baik, namun data pribadi spesifik harus dijaga,” katanya.

Menurut Hendry, masa depan itu bergerak cepat, tidak seperti yang dipikirkan karena masyarakat akan mengahadapi sebuah perubahan besar.

“Transformasi digital siap atau tidak. Karena perkembangan sosial, ekonomi, pendidikan akan beralih ke dunia digital, seperti saat ini pembelajaran secara daring salah satu transformasi digital di tengah pandemi,” kata Dia. (Jhonny)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *