Pemkab Bangka Pastikan Stok Hewan Kurban Cukup

  • Whatsapp
Stock ternak di Bangka. (Ist)

SUNGAILIAT, FABERTA — Pemerintah Kabupaten Bangka memastikan stok hewan kurban mencukupi kebutuhan masyarakat guna perayaan Idul Adha 1442 hijriyah. Tahun ini, ada 2729 ekor hewan kurban. Terdiri dari 1.955 kambing dan 774 ekor sapi.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Elius Gani menjelaskan, berdasarkan rekapitulasi data di 44 titik penjualan hewan kurban yang tersebar disejumlah tempat kata dia, tercatat sebanyak 774 ekor sapi dan 1.955 ekor kambing.

“Stok ketersediaan hewan kurban tersebut dianggap mencukupi berdasarkan pada kebutuhan hewan kurban tahun sebelumnya dimana untuk sapi 576 ekor dan kambing 849 ekor,” jelas Elius, Jumat (16/7).

Elius mengatakan, untuk peternak di Kabupaten Bangka ini jumlahnya sedikit banyak pedagang musiman. Hewan kurban ini didatangkan para pedagang sesuai dengan permintaan masyarakat.

Hewan kurban sapi dan kambing tersebut didatangkan dari Madura, Lampung dan Palembang. Mengenai harga hewan kurban Elius menilai fluktuatif tergantung dari besar kecilnya hewan kurban.

Untuk harga hewan kurban sapi kisarannya antara 15 jutaan, sedangkan kambing dari Rp 2,5 hingga Rp 5 juta. (Hairul)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *