Pemkot Pangkalpinang Gelar Pekan Kebudayaan Daerah Tahun 2023

PANGKALPINANG– Pj Wali Kota Pangkalpinang melalui Sekretaris Daerah, Mie Go bersamai Pekan Kebudayaan Daerah Kota Pangkalpinang tahun 2023 dengan tema “Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan untuk Senyum Pangkalpinang” di Alun-Alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang, Jum’at (17/11/2023).

“Alhamdulillah hari ini kita bersilaturahmi dan memperkuat persaudaraan dalam rangka kegiatan festival kebudayaan ini bukan hanya menampilkan kebudayaan Kota Pangkalpinang tapi ada juga penampilan kebudayaan dari luar Kota Pangkalpinang”, ungkap Mie Go.

Mie Go menambahkan, kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari mulai hari ini dan besok di Alun-Alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang. Ia meminta agar kebudayaan seperti ini harus di rawat dan lestarikan.

“Sebanyak 43 group sanggar profesional dan juga menghadirkan sanggar seni yang dimiliki SD dan SMP Kota Pangkalpinang yang memiliki prestasi di bidang seni tradisi, serta ada beberapa sanggar Kabupaten Bangka dan Kabupaten Bangka Barat”, sebutnya.

Menurutnya kebudayaan merupakan sebuah kegembiraan, jadi harus ada unsur yang menyenangkan pada saat menghadirkan sebuah kebudayaan.

“Hal ini menunjukkan bahwa upaya kita dalam melestarikan budaya daerah di Kota Pangkalpinang semakin maju dan kuat, kemajuan Kota Pangkalpinang dalam pengelolaan dengan kita sudah menetapkan 33 objek dan kita telah memiliki Majelis Tinggi Kerapatan Adat Negeri (MTKAN) yang kiprah sangat membantu Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam pengelolaan kebudayaan daerah”, kata Mie Go.

Mie Go menuturkan, ini merupakan agenda rutin dan tetap dilestarikan serta mempunyai efek untuk meningkatkan pariwisata. Baginya, festival ini penuh dengan menggembirakan, penuh suka cita, dan bahagia agar dapat dinikmati bersama oleh masyarakat serta untuk memberi ruang apresiasi kepada seniman dan budayawan agar bisa menampilkan semua talenta yang dimiliki.

“Hal ini tidak terlepas dari kerjasama dan komitmen berbagai pihak, terutamanya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, para praktisi, seniman dan semua pihak terkait. Saya atas nama Pemerintah Kota Pangkalpinang mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu partisipasi dalam mensukseskan kegiatan ini”, tukasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *