Pengerukan Muara Jelitik Jadi Prioritas, Safrizal ZA Dorong Kerjasama dengan Perusahaan Swasta

FAKTA BERITA, BANGKA – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Safrizal ZA, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kep. Babel, melakukan peninjauan ke Muara Kantung atau Jelitik, Kabupaten Bangka pada Selasa (16/4/2024).

 

Tujuan utama dari kunjungan ini adalah mengidentifikasi masalah pendangkalan di muara tersebut yang menjadi hambatan bagi aktivitas pelayaran dan nelayan lokal.

 

Rombongan yang terdiri dari Forkopimda dan perangkat daerah terkait berlayar selama lebih dari dua jam menuju Perairan Jelitik menggunakan kapal boat Badan SAR. Sesampai di lokasi, mereka disambut oleh Pj Bupati Bangka dan Forkopimda Bangka, serta para nelayan setempat.

 

Dalam diskusi yang berlangsung di , Safrizal memerintahkan Pemerintah Kabupaten Bangka untuk segera melakukan pengerukan.

 

“Kami bertekad untuk memperbaiki pendangkalan muara Jelitik ini. Karena kedaruratan ini ada di Bupati, kami akan mengawal Bupati supaya segera memerintahkan pekerjaannya,” ujar Safrizal.

 

Meskipun pemerintah daerah mengakui keterbatasan anggaran dalam melakukan pengerukan, Safrizal mengajak perusahaan yang memiliki izin pengerukan untuk turut serta dalam membantu proses ini.

 

“Kita gotong royong. Anggaran pemda tidak mampu untuk itu, yang penting keangkut saja dulu dan kebuka alur, dan nelayan terbantu,” jelasnya.

 

Pj Gubernur juga menegaskan urgensi pengerukan ini untuk kemaslahatan nelayan dan masyarakat setempat.

 

“Segera jangan dilama-lamakan, masyarakat sudah dongkol ini karena kita terlalu lama. Laporkan ke kami di provinsi kalau ada kendala-kendala,” tambahnya.

 

Dengan demikian, upaya pengerukan muara Jelitik diharapkan dapat segera dilaksanakan untuk mengatasi pendangkalan yang menghambat aktivitas pelayaran dan nelayan lokal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *