Pesisir Pantai Desa Kumbung, Pulau Lepar Pongok Ditanami 90.000 Bibit Mangrove

  • Whatsapp
Penanaman bibit mangrove di Pesisir Pantai Desa Kumbung, Pulau Lepar Pongok. (Ist)

BASEL, FABERTA — Sepanjang pesisir pantai di Desa Kumbung, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan akan ditanami 90.000 bibit mangrove oleh Kelompok Tani Hutan (KTH) Kumbung Lestari sebagai upaya pelestarian hutan mangrove.

Kepala Balai Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Batu Rusa Cerucuk, Bangka Belitung, Tekstiyanto mengatakan, kegiatan padat karya penanaman mangrove Ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden terhadap pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Terutama di bidang lingkungan hidup dan kehutanan, yaitu Penanaman 90.000 bibit mangrove guna pelestariannya dan meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah pesisir khususnya,” kata Tekstiyanto.

Sementara itu, Ketua KTH Kumbung Lestari, Dias Yudistira mengatakan, tentunya masyarakat desa kumbung yang tergabung dalam kelompok ini sangat terbantu.

“Terlebih meningkatkan perekonomian kita di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Bahkan bisa lebih berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan hidup, seperti habitat mangrove yang saat ini sudah mulai terkikis,” ujar Yudis.

Selain itu, lanjut Yudis, Keterlibatan masyarakat begitu penting dalam pelestarian mangrove yang efeknya sangat berguna bagi habitat laut dan meminimalisir bencana khsusunya.

“Terutama habitat hewan di pesisir, seperti burung, kera, ikan-ikan dan sebagainya. Terlebih juga adanya mangrove di pesisir ini bisa mencegah gelombang pasang yang bisa mengakibatkan abrasi,” tukasnya. (Mand

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *