Polres Basel Siap Fasilitasi Putra-putri Daerah untuk Menjadi Abdi Negara

  • Whatsapp
Kapolres Basel AKBP Joko Isnawan. (Ist)

BANGKA SELATAN, FABERTA — Polres Bangka Selatan siap memfasilitasi dan mendidik putra-putri daerah Bangka Selatan khususnya yang berminat untuk menjadi abdi negara baik TNI, Polri ataupun Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) melalui program rekrutmen proaktif (Rekpro).

Rekpro itu sendiri ialah proses mencari, memilih dan melatih calon terbaik yang memenuhi persyaratan untuk menjadi anggota Polri. Terutama, mereka yang menjadi Paskibra pada Upacara HUT ke-76 RI tingkat kabupaten kemarin.

Kapolres Basel AKBP Joko Isnawan mengatakan untuk paskibra kabupaten memiliki peluang lebih besar menjadi anggota Polri. Mereka sudah memiliki modal karena memiliki fisik yang baik dan tinggi badan yang ideal.

“Program ini sudah lama sejak saya masuk, saya akan mendidik pemuda dan pemudi Basel yang minat daftar menjadi anggota Polri, TNI atau IPDN karena tes yang dilakukan masing-masing hampir sama,” ujarnya.

“Ini dia kan (paskibra) sudah memiliki poin, tinggi, postur dan fisiknya dapat. Tinggal kita olah saja, push up nya bagaimana, larinya. Makanya sebelum mengikuti tes penerimaan, mereka akan dilatih dulu di polres,” katanya.

Dia mengatakan untuk pelatihan yang diberikan kepada para peminat menyesuaikan schedule tes penerimaan pada bulan Februari-Maret. Jadi sebelum tes penerimaan itulah para peminat akan dibekali pelatihan selama sekitar 3 bulan.

Dalam rekpro tersebut, Jokis sapaan akrabnya mengatakan bukan hanya dibuka khusus untuk paskibra saja tapi terbuka untuk umum bagi para pemuda dan pemudi di Negeri Junjung Besaoh yang berminat menjadi anggota Polri.

“Saya sudah atensikan kepada bhabin, kalau ada yang berminat silahkan arahkan ikuti latihan di polresi, kita fasilitasi. Kalau untuk kuota dihitung dari jumlah pendaftar di daerah, kalau jumlah pendaftar sedikit, kuota juga sedikit,” sebutnya.

“Kuota kita bertambah kenapa, karena ada anggaran dari Pemkab Bangka Selatan untuk 10 orang. Jadi kuota kita bertambah jadi 10 orang untuk tahun ini dari kuota yang telah ditetapkan oleh Mabes Polri,” sambung AKBP Jokis.

Meski demikian, dia sudah mengajukan kembali ke Pemkab Basel agar kuota rekpro ditambah lebih banyak pada tahun 2022 mendatang. Minimal bertambah menjadi 25 orang untuk menambah minat putra daerah menjadi anggota Polri.

“Saya sudah koordinasi ke Pak Bupati dan ke Ketua Dewan kalau bisa tahun depan jangan 10, minimal 25 orang supaya minat di Basel ini lebih tinggi. Karena minat kita di Basel sangat sedikit menjadi polisi,” ujarnya.

“Untuk adik-adik paskibra selamat dan terus semangat karena kalian sudah punya nilai lebih tinggal memoles saja. Untuk pemuda yang lain jangan karena tidak masuk paskibra tidak bisa ikut, kita siap fasilitasi dengan porsi yang sama,” jelasnya. (Manda)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *