Prakerja Gelombang 17 Sudah Dibuka, Begini Syarat dan Cara Daftarnya

  • Whatsapp
Program Pra Kerja/ist

NASIONAL, FABERTA — Program Kartu Prakerja gelombang 17 resmi dibuka sejak 5 Juni 2021 pukul 12.00 sampai 7 Juni 2021 pukul 24.00. Semua warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal boleh mendaftar.

Dalam program Kartu Prakerja Gelombang 17, nantinya peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan dana insentif sebesar Rp 2,4 juta. Dana bantuan insentif itu dibayarkan selama kurun waktu 4 bulan. Dengan kata lain, pencairan insentif Kartu Prakerja adalah sebesar Rp 600 ribu per bulan.

Insentif Prakerja Gelombang 17 bisa dicairkan setelah peserta selesai melakukan pelatihan dan memberikan rating. Peserta juga akan mendapatkan insentif survei sebesar Rp 50.000 untuk tiga kali.

Lalu, siapa saja yang bisa ikut daftar Prakerja gelombang 17 ini?

Di dalam situs resmi kartu prakerja dipaparkan yang bisa mendaftar Kartu Prakerja adalah Anda yang merupakan pencari kerja atau pekerja/buruh yang terkena PHK. Selain itu para pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Namun, Kartu Prakerja tidak dapat diberikan kepada tujuh unsur, yakni:

  • Pejabat Negara
  • Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
  • Aparatur Sipil Negara
  • Prajurit Tentara Nasional Indonesia
  • Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • Kepala Desa dan perangkat desa; dan
  • Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Kemudian, bagaimana cara daftarnya?

Pendaftaran Prakerja Gelombang 17 itu sendiri bisa dilakukan secara online di www.prakerja.go.id melalui tahap berikut ini:

1. Masuk ke situs www.prakerja.go.id
2. Klik ‘Buat Akun’
3. Masukkan alamat e-mail, buat pasword, dan 4. masukkan kembali pasword yang baru saja dibuat, kemudian klik ‘Buat Akun’
4. Cek e-mail dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun e-mail
5. Setelah konfirmasi akun e-mail berhasil, kembali ke situs Prakerja, lalu klik ‘Login’ untuk masuk ke dashboard akun Prakerja Gelombang 17.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *