PT Timah Tanam 2.295 Pohon Buah dan Cemara Laut di Lahan Bekas Tambang

  • Whatsapp

BASEL, FABERTA —  Sebagai perusahaan pertambangan yang menerapkan Good Minning Practice (GMP) PT Timah terus memperhatikan aspek pengelolaan lingkungan. Salah satu tanggungjawab lingkungan yang dilakukan emiten berkode TINS ini ialah melakukan reklamasi lahan bekas tambang sesuai peruntukkannya.

PT Timah melaksanakan reklamasi lahan bekas tambang dengan melakukan revegetasi atau penanaman dan melakukan reklamasi dalam bentuk lainnya. Kali ini, di Kawasan lahan bekas tambang yang terletak di Air Nanas 3 Kecamatan Toboali, Bangka Selatan ini PT Timah melaksanakan reklamasi dengan melakukan penanaman pohon.

Bacaan Lainnya

Sebanyak 2.295 tanaman buah-buahan dan cemara laut ditanam di lahan bekas tambang seluas 7,5 hektar yang terletak di Desa Gadung dan Keposang. Adapun rincinan tanaman yang ditanaman yakni Alpukat sebanyak 390 tanaman, Mente sebanyak 390 tanaman, Sirsak sebanyak 390 tanaman dan Cemara Laut sebanyak 1.125 batang.

Dalam melaksanakan reklamasi ini PT Timah melibatkan tiga kelompok tani dari Desa Gadung dan satu Karang Taruna dari Desa Keposang. PT Timah dalam kegiatan reklamasinya kerap melibatkan kelompok tani di sekitar tambang dengan harapan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kepedulian terhadap pengendalian dan pengelolaan lingkungan hidup.

Kegiatan Penanaman Pohon yang bertajuk ‘Melalui Pelaksanaan Reklmasi Pascatambang Mari Bersama Kita Tingkatkan Kepedulian Terhadap Pengendalian Lingkungan Hidup Khususnya di Bangka Selatan’ dilaksanakan di lahan bekas tambang.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan reklamasi ini dilaksanakan seluruh wilayah operasional perusahaan baik di darat maupun di laut.

Tanaman buah sengaja dipilih dengan harapannya nanti bisa dimanfaatkan masyarakat bersama kelompok tani dan dapat memberikan nilai ekonomis kepada masyarakat.

“Reklamasi yang dilakukan PT Timah dilaksanakan dalam beberapa bentuk, salah satunya penanaman ini. Kita pilih tanaman buah-buahan agar nantinya ini bisa dimanfaatkan masyarakat dan kalau digarap secara serius dan berhasil tentunya ini akan memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat,” katanya.

Anggi berharap, nantinya tanaman yang ditanam ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat dan dapat dijaga sehingga dapat dirasakan manfaatnya dalam jangka waktu yang panjang.

“Setelah ditanam ini, mari kita sama-sama menjaga dan merawat tanaman ini karena kan ini nantinya kita juga akan merasakan manfaatnya,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid mengatakan, timah merupakan Anugerah dari Allah yang harus dimanfaatkan dengan cara-cara yang benar dan sesuai aturan yang berlaku.

“Timah adalah anugerah dari Allah, yang Namanya Anugerah kita umat wajib menikmati dan menggali, akan tetapi ada caranya. Apa yang dilakukan PT Timah ini sudah benar dan kita berharap perusahaan lain bisa mengikuti jejak PT Timah dalam mengembalikan kelestarian alam pasca tambang,” kata Riza saat menghadiri acara ini.

Riza juga meminta PT Timah untuk terus berkontribusi bagi masyarakat Bangka Selatan khususnya. Dirinya juga berharap, nantinya PT Timah dapat mengelola lahan bekas tambang.

“Boleh bertambang di Basel, tapi ada caranya. Kami sangat mendukung PT Timah bisa terus berbuat untuk masyarakat ada kontribusi untuk daerah, rakyat. Saya mau jadikan ini food court, taman bermain air di lahan bekas tambang, saya kumpulkan kantin, saya berharap kontribusi PT Timah untuk pengembangan lahan bekas tambang, UMKM terbantu, penggiat seni terbantu dan ekonomi masyarakat,” katanya.

“Yang terpenting bagaimana rakyat kami bisa menikmati hasil tambang yang dihasilkan PT Timah. Kalau itu jalan, saya pasang badan untuk PT Timah, Saya berharap ini kolaborasi terus berjalan dan selama itu mengikuti cara main dan aturan main,” katanya.

Anggota Karang Taruna Desa Keposang, Agung Pangestu Prayogo mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PT Timah, apalagi melibatkan kelompok pemuda.

“Kami dari karang Taruna sangat terimakaish kepada PT Timah dan Pemda Basel yang sudah membuat kegiatan reklamasi, kami sangat bangga bisa berpartisipasi. Kami berharap, kegiatan ini tidak hanya dilakukan di sini saja, namun juga lahan bekas tambang di daerah kami juga ikut di reklamasi,” ujarnya.

Kedepan, Ia berharap lahan yang telah direklamasi ini untuk dapat dijaga secara bersama-sama sehingga berlanjut.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga lahan yang sudah direklamasi dan PT Timah juga kami berharap mereklamasi lahan bekas tambang yang belum direklamasi,” tutupnya.

Kegiatan Penanaman pohon ini turut dihadiri Direktur Operasi Produksi PT Timah Tbk, Agung Pratama, Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, Wakil Bupati Bangka Selatan Debby Vita Dewi, Ketua DPRD Bangka Selatan, Erwin Asmadi, Gapoktan dan masyarakat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *