PT Timah Tbk Berkolaborasi dengan Kelompok Nelayan, Menjaga Ekosistem Pesisir dan Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Pesisir

PANGKALPINANG, FAKTABERITA — PT Timah Tbk terus berupaya untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat pesisir dan kelompok nelayan di wilayah operasional perusahaan.

Anggota holding industri pertambangan MIND ID ini mengambil langkah-langkah proaktif untuk berperan dalam pemberdayaan kelompok nelayan dan masyarakat pesisir. Inisiatif-inisiatif yang dilakukan PT Timah Tbk menunjukkan proses bisnis perusahaan dapat sejalan dengan kesejahteraan masyarakat lokal dan pelestarian lingkungan.

PT Timah Tbk mendukung aktivitas kelompok nelayan dengan menyerahkan bantuan alat tangkap, peningkatan sarana dan prasarana usaha kelompok nelayan, perbaikan perahu nelayan bagi kelompok nelayan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Provinsi Kepulauan Riau.

Selain mendukung sarana dan prasarana untuk kelompok nelayan, PT Timah Tbk juga melakukan pemberdayaan kelompok nelayan dan masyarakat pesisir. Pemberdayaan dilakukan dengan pelibatan nelayan untuk membuat coral garden dan fishing ground di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sedangkan di Provinsi Kepulauan Riau tepatnya di Kundur, PT Timah Tbk kerap melibatkan kelompok nelayan untuk melakukan penanaman mangrove sebagai upaya untuk menjaga ekosistem pesisir, memasang penahan abrasi dan melakukan restocking kepiting bakau.

PT Timah Tbk memberikan bantuan alat tangkap berupa mesin tempel, mesin ketinting, mesin kapal, alat tangkap berupa kawat bubu dan fish finder, jaring ikan. Serta Bantuan perbaikan perahu dan sarana prasana untuk pengembangan usaha nelayan.

Melalui peningkatan sarana dan prasarana ini diharapkan dapat meningkatkan hasil tangkapan nelayan yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan kelompok nelayan.

Selain itu, PT Timah Tbk juga memberikan jaminan sosial berupa BPJS Ketenagakerjaan bagi kelompok nelayan. Emiten Berkode TINS ini juga kerap membantu nelayan yang mengalami kecelakaan laut.

Untuk mendukung aktivitas nelayan, PT Timah Tbk baru-baru ini juga menyerahkan bantuan perbaikan pondok nelayan untuk kelompok Nelayan Harapan Baru, Desa Rebo, Kabupaten Bangka.

Ketua kelompok Nelayan Harapan Baru, M.Ridwan, PT Timah Tbk membantu pembangunan tempat singgah nelayan dan digunakan untuk tempat penimbangan ikan hasil tangkapan nelayan.

Dengan bantuan dari PT Timah Tbk ini, kata dia mereka akan membangun pondok nelayan semi permanen, tempat penimbangan ikan dan tempat parkir kendaraan nelayan.

“Alhamdullilah sangat terbantu sekali dengan adanya bantuan dari PT Timah Tbk ini, kita bisa segera membangun pondok singgah nelayan, tempat parkir kendaraan dan tempat penimbangan ikan,” katanya.

M. Ridwan menyampaikan ini kali keduanya kelompok mereka mendapatkan bantuan dari PT Timah Tbk. Tahun 2021 lalu, mereka menerima bantuan tiga unit mesin tempel 9,8 PK dari PT TImah Tbk.

“Sebelumnya, PT Timah Tbk juga pernah memberikan bantuan mesin tempel kepada kelompok kami. Alhamdullilah ini sudah menghasilkan dan memberikan pendapatan bagi kelompok kami,” katanya.

Salah satu kelompok nelayan yang menerima bantuan dari PT Timah Tbk ,
Kelompok Nelayan KUB Setia Abadi, Asrul menyampaikan anggota kelompok mereka sangat terbantu dengan adanya bantuan mesin bagi anggota mereka.

Ia berharap, dengan adanya mesin baru ini anggota kelompok mereka bisa meningkatkan hasil tangkapan mereka.

“Harapan kami Semoga PT Timah dapat semakin maju dan berkembang. Sehingga dapat terus membantu masyarakat di Kundur Barat ini bukan hanya nelayan saja, seperti yang kita tahu perusahaan telah banyak memberikan bantuan juga turut berkontribusi terhadap masyarakat,” katanya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *