Rachmawati Soekarnoputri Tutup Usia, Jokowi: Almarhumah Punya Jasa di Berbagai Bidang

  • Whatsapp
Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo (sumber: Instagram @Jokowi)

NASIONAL, FABERTA — Kabar duka kembali menyelimuti Tanah Air dengan wafatnya Rachmawati Soekarnoputri di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta pagi tadi, Sabtu (3/7/2021).

Berbagai kalangan turut memberikan ucapan duka dan belasungkawa. Tak terkecuali orang nomor satu di negeri ini, Presiden Ir. Joko Widodo.

Bacaan Lainnya

Melalui unggahan Instagramnya, Jokowi beserta keluarga turut berduka cita atas kepergian putri ke-3 Sang Proklamator Indonesia tersebut.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Saya dan keluarga berduka cita atas berpulangnya Ibu Hj. Rachmawati Soekarnoputri, hari ini di Jakarta dalam usia 70 tahun,” kata Jokowi dalam akun Instagramnya, Sabtu (3/7/2021)

Menurutnya, sosok yang memiliki nama asli Diah Pramana Rachmawati Soekarno itu sudah meninggalkan berbagai kenangan dan jasa di berbagai bidang. Mulai dari pendidikan, sosial dan politik.

“Almarhumah adalah tokoh yang jejak hidupnya terentang di berbagai bidang, dari dunia pendidikan, sosial, hingga politik,” kenangnya.

Jokowi juga turut mendoakan, almarhumah ditempatkan di sisi terbaik oleh Allah SWT serta teruntuk keluarga yang ditinggalkan agar diberikan ketabahan.

“Semoga almarhumah mendapatkan tempat nan lapang di sisi Allah SWT, dan segenap keluarga yang ditinggalkan kiranya diberi kekuatan dan kesabaran,” ujarnya.

Istimewa

Diketahui, Rachmawati lahir pada 27 September 1950. Ia merupakan Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Bung Karno, sekaligus pendiri Universitas Bung Karno bersama beberapa tokoh lainnya.

Alm. Rachmawati sempat terjun ke dunia politik. Ia tercatat pernah mendirikan partai Partai Pelopor. Ia memilih untuk tidak bergabung dengan Megawati Soekarnoputri, di PDI Perjuangan.

Alm. Rachmawati juga pernah bergabung dengan Partai Nasdem pada 2013. Ia menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan, tapi tak bertahan lama. Pada Agustus 2014, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem mencopotnya dari jabatan tersebut.

Setelah keluar dari Nasdem, Rachmawati masuk Partai Gerindra dan diangkat menjadi Wakil Ketua Umum Bidang Ideologi pada April 2015. Hingga pada September 2020, ia tercatat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra dan berada langsung di bawah posisi Ketua Umum, Prabowo Subianto.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *