Ratusan Warga Tolak Rencana Tambang Timah di Perairan Desa Batu Beriga

BANGKA TENGAH, FAKTABERITA -– Ratusan warga Desa Batu Beriga melakukan aksi penolakan aktvitas tambang timah. Aksi tersebut dilakukan saat PT Timah mengelar sosialisasi rencana penambangan timah laut di Gedung Kesenian Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar,Bangka Tengah, Jumat (8/9/2023).

Sosialisasi tersebut juga turut dihadiri perwakilan Pemkab Bangka Tengah yakni Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat dan Camat Lubuk Besar serta perwakilan KOREM 045/Garuda Jaya.

Kendati terus melakukan sosialisasi, upaya PT Timah untuk bisa melakukan penambangan timah saat ini masih mendapat penolakan dari warga setempat.

Bahkan, masyarakat tidak memberikan kesempatan kepada perwakilan PT Timah untuk menyampaikan materi sosialisasinya.

Ardi, Warga Batu Beriga mengatakan kalau dirinya menolak keras adanya kegiatan penambangan timah di perairan laut Desa Beriga. Bahkan aspirasi penolakan sudah disampaikan sejak 5 tahun lalu kepada DPRD Bangka Tengah.

“Kami sudah sejak lama menolak ini, dan kami juga pernah menyampaikan aspirasi ke DPRD ,tapi pernah ada tanggapan. Apakah mereka turun hanya untuk meraih suara masyarakat, kami berharap pemerintah daerah mendengar aspirasi masyarakat,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Hanafi, salah seorang tokoh masyarakat Desa Batu Beriga. Berpatokan pada undang-undang pengelolaan kawasan pesisir dan pulau kecil, ada klausul yang menyampaikan dalam operasional tambang harus menghormati hukum adat.

“Ada klausul yang harus dihormati, di antaranya tebar laut yang menjadi agenda rutin desa. Jadi masyarakat berhak menolak sesuai dengan UU yang berlaku, dan pemerintah wajib melindungi, menghormati hak masyarakat serta kearifan lokal yang sudah turun temurun berjalan. Untuk itu kami masyarakat dengan tegas menyatakan menolak dan mendesak PT Timah mencabut IUP PT Timah di wilayah Desa Batu Beriga,” beber dia.

Sementara Kepala Desa Batu Beriga, Abdul Gani mengatakan, sosialisasi yang dilaksanakan ini berdasarkan surat PT Timah Nomor 3873/Tbk UM-3110/23-S2.5, makanya ini dilaksanakan.

“Sebagai Kepala Desa memiliki tugas untuk memfasilitasi kegiatan sosialisasi kepada masyarakat, dengan mengedepankan komunikasi serta diskusi yang baik serta menjaga kondusifitas Desa Batu Beriga,” ucapnya.

Pada kesempatan itu Kasiter Korem 045/Garuda Jaya, Kolonel Inf Muhammad Iqbal Lubis menyampaikan, kehadiran personil Korem dalam rangka mendukung situasi kondusifitas daerah.

“Diharapkan agar masyarakat untuk dapat mendengarkan sosialisasi dengan baik, apa yang akan dipaparkan oleh PT Timah ini,” tuturnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *