Resolusi konflik melalui Berkemah, Mahasiswa Pertukaran Pelajar PMM3 Jelajahi Pantai Teluk Asmara

istimewa

MALANG, FAKTABERITA — 25 Mahasiswa PMM 3 menikmati warisan alam “Raja Ampatnya Malang” yakni berkemah dan membangun persahabatan di Pantai Teluk Asmara, Malang Selatan. Kegiatan ini bertujuan memahami masalah dan potensi konflik melalui kegiatan berkemah dan outbound.

Keindahan Pantai Teluk Asmara sudah menjadi perbincangan dikarenakan pasir putih yang sangat cantik dengan dikelilingi oleh pulau-pulau kecil yang sangat indah. Eksotika itu hadir melalui gugusan pulau-pulau karang yang tersusun acak terbungkus vegetasi hijau.

Hamparan pasir putih terbentuk sesuai desain garis pantai. Gelombang juga datang lebih lambat setelah terhalang oleh beberapa pulau karang yang menjorok ke laut.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM 3) menjadi salah satu program MBKM yang banyak diminati mahasiswa. Program Modul Nusantara melaksanakan 16 kegiatan yang terdiri dari kebhinekaan, refleksi, inspirasi, dan kontribusi sosial.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa diminta memiliki kemampuan beradaptasi dan resolusi konflik Ketika berharapan dengan mahasiswa lain yang berbeda suku, ras, dan budaya.

Dosen MN Farikha Rachmawati menyampaikan kegiatan berkemah sangat menantang bagi mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah. Mahasiswa melakukan tracking menuju tempat kemah, membagi kelompok, memilih ketua tim, membuat yel-yel, serta pembagian tugas.

“Hal yang paling menarik ialah saat persiapan games outbound, mahasiswa yang beragama islam sudah sholat shubuh menyiapkan games, sementara memberikan ruang bagi mahasiswa agama lain yang sedang ibadah sekolah minggu, toleransi budaya dan agama sangat kuat disini,” ujar Farikha.

Para mahasiswa juga menyatakan bahwa kegiatan berkemah ini dapat menjalin keakraban, kebersamaan, karena banyak kegiatan yang dilakukan dengan kerjasama atau bersama-sama seperti menyusun tenda, mengeksplorasi pantai tersebut, dan menyiapkan makanan dan kebutuhan lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *