Rilis Hasil Survei, Elektabilitas PDI Perjuangan Masih Paling Tinggi

  • Whatsapp
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri. (Foto: www.pdiperjuangan.id/ist)

JAKARTA, FABERTA – Elektabilitas PDI Perjuangan (PDIP) masih menduduki peringkat paling tinggi dibanding partai lainnya. Hal ini berdasarkan hasil survei terkini yang dilakukan oleh Lembaga Survei Parameter Politik Indonesia.

Dari Survei yang dilakukan dengan mengambil 1.200 responden ini, PDIP memperoleh 22,1 persen, menjadikan partai yang dipimpin Megawati Soekarno Putri itu masih nomor satu, disusul oleh Gerindra dengan perolehan suara 11,9 persen kemudian diikuti dengan Golkar 10,8 persen.

“Sementara ini PDIP masih memimpin perolehan suara partai politik dengan 22,1 persen,” ujar Direktur eksekutif Parameter Indonesia Adi Prayitno saat merilis hasil survei dalam Webinar, Sabtu, 5 Juni 2021.

Urutan keempat diisi oleh Demokrat dengan jumlah 8,4 persen. Kemudian PKB dengan 8,2 persen. Keenam, ada PKS 7,5 persen, ketujuh NasDem 5,0 persen, kedelapan PAN 4,3 persen, dan kesembilan PPP 3,5 persen.

Ia menyebutkan, dari hasil survei tersebut Demokrat dan PKS mengalami tren peningkatan yang cukup signifikan. Tentunya hal itu, kata Adi disebabkan oleh banyak faktor.

“Meningkatnya elektabilitas partai Demokrat disinyalir akibat hingar bingarnya perseteruan dengan Moeldoko beberapa waktu lalu. PKS mendapatkan insentif elektabilitas akibat pembelaan terhadap kelompok Islam yang dinilai dimarjinalkan,” ungkap Adi.

Sebagai informasi, survei ini menggunakan metode simple random sampling dari 6.000 nomor telpon yang dipilih secara acak dari kerangka sampel yang ada dari wawancara tatap muka pada rentang waktu September 2017-Desember 2020, dan disesuaikan dengan proporsi populasi serta gender.

Margin of error survei sebesar +- 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 23-28 Mei 2021, dengan metode telepolling menggunakan kuesioner yang dilakukan oleh surveyor terlatih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *