Rudianto Tjen Ajak Warga Terus Implementasi Nilai Pancasila Jelang Tahun Politik

BANGKA, FAKTABERITA — Anggota Komisi I DPR RI Dapil Bangka Belitung (Babel), Ir. Rudianto Tjen mengajak masyarakat di Babel untuk terus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama memasuki tahun politik 2024 mendatang.

Pasalnya, di tahun politk kan terjadi perbedaan pendapat ataupun pilihan. Rudi berharap, dengan memegang teguh nilai-nilai Pancasila, persatuan dan kesatuan bangsa dan negara akan tetap terjaga kedepannya.

Bacaan Lainnya

“Contoh implementasi Pancasila di tahun politik bisa seperti menghargai anggota politik lain dalam berpendapat, tidak saling menjatuhkan sesama rakyat Indonesia, dan mendahulukan kepentingan publik dibanding kepentingan pribadi atau golongan,” kata Rudi.

Hal itu disampaikan Rudi saat menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Halaman Kantor Desa Air Duren, Kabupaten Bangka, Sabtu, 22 Juli 2023.

Oleh karena itu, Rudi mengajak masyarakat untuk bisa mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila secara paripurna.

“Pancasila menjadi dasar dan motivasi dalam sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta semua sila Pancasila tidak dapat dilaksanakan secara terpisah-pisah, karena Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh dan saling berkaitan,” ungkapnya.

Wakil rakyat 4 periode asal Babel itu percaya, bahwa Pancasila merupakan ideologi bangsa dan negara yang dapat menyatukan masyarakat Indonesia.

“Makna Pancasila sebagai ideologi negara adalah nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila menjadi cita-cita normatif penyelenggaraan negara. Nilai-nilai yang telah disepakati bersama itu juga menjadi sarana menyatukan masyarakat dan dapat digunakan sebagai prosedur penyelesaian konflik,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *