Rudianto Tjen Berharap 4 Pilar Kebangsaan Bentengi Generasi Muda dari Globalisasi

Anggota Komisi I DPR RI Rudianto Tjen saat menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kota Pangkalpinang, Babel, Jumat (1/4/2022) lalu. Foto: Rais Abdillah

PANGKALPINANG, FAKTABERITA — Anggota Komisi I DPR RI, Ir. Rudianto Tjen berharap nilai-nilai 4 pilar kebangsaan mampu membentengi kalangan generasi muda dalam menghadapi derasnya arus globalisasi dan informasi yang saat ini mulai mengikis nilai-nilai dan pemahaman berbangsa dan bernegara.

“Namun bila punya pandangan hidup seperti yang terkandung dalam Pancasila, tentu nilai-nilai dan pemahaman yang masuk selain dari leluhur kita, akan mudah disaring,” kata Rudi saat memberikan materi 4 pilar kebangsaan di Kota Pangkalpinang, Babel, Jumat (1/4/2022) lalu.

Bacaan Lainnya

Rudi bercerita, bagaimana 4 pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI) telah berhasil menyatukan berbagai ras, suku, budaya, agama di tanah air hingga republik Indonesia bisa meraih kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 silam.

“Karena kita harus melihat sejarah, menyatukan republik ini sangat sulit, karena republik ini terdiri dari berbagai suku, budaya, bahasa yang berbeda-beda, tetapi dengan semangat republik ini harus merdeka, dan dengan 4 pilar kebangsaan yang kita pegang teguh hingga sekarang, Indonesia bisa merdeka,” kata Rudi.

Wakil rakyat asal Babel itu berharap, 4 Pilar Kebangsaan tetap dipegang teguh oleh setiap lapisan masyarakat. Dengan begitu, Indonesia akan terus menjadi bangsa dan negara yang berdaulat.

Lanjut dikatakan Rudi, nilai-nilai Pancasila sudah sepatutnya menjadi landasan dasar dalam berbangsa dan bernegara. Salah satu silanya berbunyi, ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’. Kata dia, bagaimana sila tersebut mengajarkan bahwa menghargai sesama umat beragama itu sangat penting untuk bersatu.

“4 Pilar ini lah yang bisa mempersatukan Indonesia dari Sabang sampai Merauke, 4 Pilar inilah yang kita harapkan bisa tetap membuat negara RI ini makin besar dan makin kuat. Jadi kalau kita mau menang, kita harus bersatu,” papar Rudi.

Okeh karenanya, Rudi mengajak seluruh lapisan masyarakat bisa terus menyosialisasikan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan.

Sebab, menurutnya, generasi ke generasi saat ini mungkin sebagian sudah melupakan tentang sejarah, ataupun tentang patriotisme para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

“Makanya pada kesempatan ini, kita semangatkan lagi kepada kita semua tentang itu, dan harapan kita, bahwa kita taat pada 4 pilar ini, kita jaga republik ini agar tetap satu, kita perkuat republik ini agar republik ini menjadi negara kuat dan besar dan kita bisa hidup damai sejahtera,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *