Sampai Kapan Suhu Panas Ini Berlangsung? Ini Kata BMKG

ilustrasi/ist

BANGKA BELITUNG, FAKTABERITA — Sudah hampir satu minggu ini, Cuaca terik dialami di berbagai daerah Indonesia tak terkecuali di Bangka Belitung.

Sebelumnya, Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang Kurniaji mengatakan bahwa suhu panas terik yang terjadi bukanlah fenomena cuaca tertentu.

Bacaan Lainnya

Dirinya menjelaskan bahwa suhu panas yang terjadi sekarang ini masih terhitung normal mengingat bulan ini sudah memasuki musim kemarau.

“Saat ini tidak ada faktor cuaca khusus yg menunjukan adanya anomali kondisi cuaca di wilayah Indonesia secara umum ataupun secara khusus di wil Babel sehingga suhu yg terasa panas di wilayah kita dalam beberapa pekan terakhir sebenarnya masih normal, ” Ungkap Kurniaji, Minggu (15/5/2022)

Kembali dirinya menjelaskan bahwa suhu panas yang dirasakan akhir-akhir ini masih di bawah suhu panas tertinggi yang pernah tercatat pada September 2009 lalu.

“Berdasarkan hasil pengukuran di wilayah sekitar bandara Depati Amir, suhu tertinggi yg tercatat selama bulan Mei adalah 34.2 derajat dan ini masih dibawah suhu tertinggi yang pernah tercatat di wilayah Pangkalpinang pada Bulan september 2009 lalu dengan suhu 35.9 derajat celcius, ” Paparnya.

Dalam paparan yang dikeluarkan oleh Stasiun Klimatologi Koba Bangka Tengah, musim kemarau diperkirakan mulai pada minggu kedua bulan juni dan akan berlangsung selama lima bulan.

“Suhu yg terasa panas pasti akan lumrah terjadi ketika musim kemarau mulai terjadi di wilayah kita, sesuai informasi yang dikeluarkan oleh Stasiun Klimatologi Koba Bangka Tengah, musim kemarau akan mulai pada Dasarian 2 Bulan Juni dan biasanya berakhir pada Dasarian 1 Oktober, ” ujar Kurniaji

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.