Sekda Radmida Sebut Sigesit Boss Jadi Inovasi Perubahan Atasi Banjir di Opas dan Genas

Sekda Radmida saat menjadi pembina apel dalam pembentukan Sigesit Boss Tahun 2022 di Halaman Kantor Dinas PUPR Kota Pangkalpinang. (Foto)

PANGKALPINANG, FAKTABERITA — Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam menyebut, terobosan Strategi Implementasi Gerakan Siap Tangani Banjir Opas dan Gedung Nasional (Sigesit Boss) merupakan proyek perubahan yang inovatif dari Dinas PUPR.

“Ini suatu proyek perubahan yang inovatif dibutuhkan masyarakat Kota pangkalpinang. Tim Sigesit Boss ini sudah di SK kan, ini suatu penugasan yang mulia. Kemudian saat ditugaskan kita harus siap siaga namanya sigesit harus gesit,”ujar Radmida saat menjadi pembina apel dalam pembentukan Sigesit Boss Tahun 2022 di Halaman Kantor Dinas PUPR Kota Pangkalpinang. Jumat, (13/5/2022)

Radmida mengatakan, selain dari Dinas PUPR tim Sigesit Boss ini juga melibatkan sejumlah OPD terkait, sebagai upaya mencegah dan menanggulangi bencana alam.

“Ini harus diimplementasikan tidak hanya pada saat bencana, tetapi sebelumnya harus dilakukan pencegahan atau antisipasi sebelum terjadinya bencana terutama masalah banjir di tititik rawan seperti Opas dan Genas,”ujarnya.

Sekda berharap, Tim Sigesit Boss dapat membantu Pemkot Pangkalpinang dan kehadirannya harus dirasakan masyarakat.

” Ini baru dua kelurahan yang jadi objek dan tidak menutup kemungkinan akan dilaksanakan di kelurahan lainnya,”ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Pangkalpinang Miego menyampaikan, alasan membentuk Sigesit Boss ini karena wilayah Kelurahan Opas dan Gedung Nasional merupakan daerah yang rawan banjir, karena kawasan itu memiliki cekungan.

“Selain memiliki cekungan, kawasan tersebut juga dipengaruhi pasang surutnya air, jadi berpotensi terjadinya banjir di kawasan tersebut. Apalagi Kelurahan Opas dan Genas merupakan pusat perkekonomian harus kita atasi segera,”ujarnya.

Selain itu kata Miego, ke depan pihaknya akan membentuk tim pencegahan dan penanganan banjir seperti Sigesit Bang untuk di wilayah Kelurahan Bintang.

“Jadi semuanya identik kata Sigesit artinya cekatan, cepat tanggap. Tim ini kita bentuk agar lebih konprehensif dalam penangan banjir. Kita juga akan melengkapi peralatan tim ini seperti hari ini kita berikan baju kaos,”ujarnya. (FB06)7

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.