Soal Banjir di Pangkalpinang, Anggota DPRD Babel Hendriyansen Minta Saluran Drainase Diperbaiki

  • Whatsapp
Anggota DPRD Provinsi Babel, Hendriyansen didampingi PPK SKPDTP DPUPR BABEL, Raymond Munthe meninjau sejumlah titik yang kerap tergenang banjir di Kota Pangkalpinang, Rabu (14/7/2021). Foto: Rais/Faberta

PANGKALPINANG, FABERTA — Anggota DPRD Provinsi Bangka Belitung, Hendriyansen atau yang lebih diakrab disapa Ahok meninjau sejumlah titik jalan raya di Kota Pangkalpinang yang kerap menjadi langganan banjir.

Ahok yang juga didampingi langsung oleh PPK SKPDTP DPUPR BABEL, Raymond Munthe mengatakan, persoalan banjir harus menjadi perhatian karena menyangkut mobilitas masyarakat. Oleh karenanya, ia akan mendorong dinas terkait melakukan pembenahan secara komprehensif untuk menangani hal ini. Salah satunya memperbaiki saluran drainase.

Bacaan Lainnya

Ahok menjelaskan, di antara penyebab genangan air di sejumlah titik jalan raya karena tidak adanya lubang di trotoar menuju saluran. Belum lagi, kondisi saluran yang dipenuhi sampah dan endapan pasir, membuat saluran drainase tidak berfungsi.

“Sering banjir sesaat lantaran air di depan saluran tidak bisa masuk lantaran ada pohon dan plat deker masyarakat yang kecil, salurannya kecil, jadi upaya dari PU untuk menyelesaikan masalah ini. Saya minta tolong dengan PU Provinsi dalam waktu secepat mungkin untuk segera dikerjakan,” kata Ahok saat meninjau titik di jalan raya Simpang Girimaya, Rabu (14/7/2021).

Ahok menyebutkan beberapa titik jalan raya yang kerap menjadi langganan genangan air yang ia harapkan cepat diperbaiki. “Saya juga minta untuk yang di Kampung Katak dibikin drainase yang bagus berikut trotoarnya seperti yang ditransmart. Dan dari simpang Rumah Sakit Umum Depati Hamzah sampai Simpang terminal girimaya untuk pemasangan sistem saluran air cor beton,” katanya.

Legislator PDI Perjuangan itu sangat berharap agar anggaran terkait penyelesaian masalah banjir bisa lebih besar di tahun yang akan datang. Sehingga segala upaya bisa dilakukan untuk mengatasi persoalan banjir di sejumlah titik di Kota Pangkalpinang yang selama ini mengganggu aktivitas masyarakat.

“Kita berharap tahun depan lebih banyak lagi anggarannya agar bisa menyelesaikan persoalan banjir yang di jalan raya. Mudah-mudahan tidak terjadi lagi genangan air yang menghambat lalu lintas mudah-mudahan bisa diselesaikan,” tambah Ahok.

Menanggapi hal tersebut, PPK SKPDTP DPUPR BABEL, Raymond Munthe menyebutkan, bahwa pihaknya segera melakukan perbaikan dengan mengoptimalisasi pembangunan infrastruktur drainase yang lebih efektif.

Ia menambahkan, tahun ini pihaknya akan segera menyelesaikan sejumlah lokasi yang sering menjadi titik genangan air di Kota Pangkalpinang.

“Dengan dana yang tersisa sekarang ini dan waktu tersisa saya akan berusaha melakukan optimalisasi untuk pencegahan pengurangan banjir. Dengan anggaran yang ada, beberapa titik kita akan ada perbaikan untuk tahun ini,” pungkas Raymond.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *