Sorgum Sempat Naik Daun Lalu Lesu, Apakah Porang Akan Bernasib Sama?

  • Whatsapp
Porang dan Sorgum. (Ist)

BANGKA TENGAH, FAKTABERITA.CO.ID — Sedang naik daunnya komoditi tanaman jenis pangan baru yakni porang masih membuat ragu para petani untuk membudidayakannya.

Bukan tanpa sebab, keraguan tersebut muncul mengingat sebelumnya komoditi seperti sorgum mengalami hal serupa dengan sempat naik daun dengan segala manfaatnya, namun sekarang kembali lesu.

Menyikapi apakah nasib porang bakal serupa dengan nasib sorgum, Kepala Dinas Pertanian, Sajidin mengatakan, bisa saja hal tersebut terjadi karena pihaknya masih dalam melakukan kajian terkait porang seperti meliputi budidaya, panen dan pasca panennya.

“Secarai literatur, kami mengakui banyak manfaat yang bisa diambil dari tanaman porang sehingga memiliki nilai ekonomis yang menjanjikan, namun kami masih belum menganjurkan kepada para petani karena masih mengkaji budidayanya seperti apa, panennya, serta pasca panennya yang meliputi penjualannya,”ujar Kadin Pertanian

Ia menerangkan, hitung saja terkait budidaya tidak ada masalah karena jenisnya umbi-umbian yang mudah ditanam, tapi pihaknya masih menganalisa panennya nanti seperti apa, berapa keuntungan dihasilkan serta segment pasca panen yang meliputi penjualannya kemana?.

“Pointnya kami masih belum menganjurkan, namun jika ada petani yang menanam dan minta minta dibimbing akan kami bimbing,”pungkasnya (FB)

 

Editor : Robby Setiawan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *