Tak Kantongi Surat Rekomendasi, Penggalangan Dana di Pangkalpinang Dianggap Pungli

  • Whatsapp
Kepala Dinas Sosial Kota Pangkalpinang, Rika Komarina. (Ist)

PANGKALPINANG, FABERTA – Penggalangan dana untuk kegiatan sosial di setiap tempat atau jalanan Kota Pangkalpinang, harus memiliki rekomendasi dari Dinas Sosial Kota Pangkalpinang, agar penyalurannya sesuai peruntukan dan tidak disalahgunakan.

“Kita punya tim di Dinsos yang akan melakukan patroli untuk turun ke lapangan, untuk mengecek jadwal dan siapa saja yang melakukan penggalangan dana di lokasi itu,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Pangkalpinang, Rika Komarina. Senin, (14/6/2021).

Apabila ditemukan penggalangan tanpa rekomendasi, maka kata Rika, pihaknya akan melakukan penindakan secara persuasif.

“Kalau tidak ada rekomendasi dari dinsos, dikhawatirkan uang tersebut tidak jelas dikemanakan, maka itu dinilai pungli. Maka kami dari Dinsos Kota Pangkalpinang akan melakukan pembinaan apabila ditemukan oknum yang melakukan penggalangan dana tanpa rekomendasi atau izin,” ujarnya.

Rika menyebut, penggalangan dana boleh dilaksanakan, asalkan tidak menganggu para pengendara jalan, harus melaksanakan protokol Covid-19 dan sumbangan tidak bersifat memaksa.

“Secara sosial penggalangan dana boleh dilaksanakan, namun tidak dilakukan secara pribadi. Penggalangan dana harus sesuai aturan yakni bersama organisasi sosial atau forum yang menanungi hal itu,” ujarnya. (Gst/Faberta)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *