Target Hasil Pajak Daerah Bangka Selatan di Semester I Capai 53,40 Persen

  • Whatsapp
Kepala Bidang Pajak Daerah, Bakeuda Kabupaten Bangka Selatan, Susanti. Foto: ist

BANGKA SELATAN, FABERTA — Badan Keuangan Daerah Kabupaten Bangka Selatan merilis pencapaian realisasi target Hasil Pajak Daerah pada semester I tahun 2021 sudah mencapai 53,40 persen.

Kepala Bidang Pajak Daerah, Bakuda Basel Susanti saat dikonfirmasi mengatakan, target hasil pajak daerah yang ditetapkan di tahun 2021 yakni sebesar Rp 19 miliar.

“Artinya pada semester I atau hingga bulan Juli, realisasi pajak daerah sudah mencapai Rp 10,1 miliar dengan persentasenya sekitar 53,40 persen,” kata Susanti kepada wartawan, Rabu (4/8/2021).

Meski demikian, pendapatan pajak terbesar dari sektor pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB) yang terealisasi sampai saat ini mencapai Rp 4,3 miliar hingga Pajak Penerangan Jalan sebesar Rp 4,5 miliar.

“Realisasi pajak lainnya yakni dari pajak hotel sebesar Rp 3,3 juta, pajak restoran Rp 184 juta, pajak reklame Rp 200 juta, pajak air tanah Rp 65,8 juta dan sarang burung walet Rp 35 juta, pajak PBB pedesaan dan perkotaan mencapai Rp 283 juta dan BPHTB itu baru terealisasi Rp 499 juta,” jelasnya.

Sementara itu, Pemkab Basel masih membebaskan 4 sektor pajak di masa pandemi Covid-19, seperti pajak hotel, pajak hiburan, pajak restoran dan pajak parkir.

“Sesuai Perbub No 6 Tahun 2021 yang menyebutkan pembebasan di empat sektor pajak berlaku sampai bulan Desember tahun 2021 nanti. Namun untuk pajak hotel dan restoran yang dibebaskan dikecualikan bersumber dari APBD dan APBN, namun kalau di luar itu tetap kita tarik pajaknya,” jelasnya.

Untuk pencapaian target, sambung Susanti, Bakuda Basel optimis dalam pencapaian target realisasi pajak daerah diakhir tahun 2021 mendatang.

“Untuk itu, kita akan genjot di sektor pajak MBLB, PPJ, PBB, pajak air tanah dan reklame,” tukas Susanti.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *