Usai Pandemi, Luhut Prediksi Bakal Terjadi Perubahan Ekonomi Global

  • Whatsapp
Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: istimewa)

NASIONAL, FABERTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memperkirakan usai merebaknya pandemi Covid-19 akan mengubah tatanan geopolitik dunia. Hal ini diramal akan mengubah kondisi ekonomi global.

Luhut mengatakan, pemerintah perlu mengatisipasi kondisi tersebut. Khususnya dalam bidang ekonomi, di mana saat ini pemerintah tengah membutuhkan banyak investasi.

Bacaan Lainnya

“Pasca pandemi Covid-19 Indonesia akan dihadapkan pada berbagai tantangan perubahan, termasuk geopolitik. Strategi investasi harus didesain untuk mendukung industri yang mampu menjawab tantangan masa depan,” kata Luhut melalui keterangannya, Jumat (10/9/2021).

Menurut dia, struktur perekonomian nasional pun perlu diperbaiki setelah wabah dapat dikendalikan. Tujuannya agar lebih tahan terhadap krisis dan berkelanjutan.

Beberapa sektor yang perlu diperbaiki struktur dan tata kelola, kata Luhut, di antaranya yakni hilirisasi sumber daya alam (SDA), ekonomi hijau, industri kesehatan dan pariwisata.

“Keberhasilan Indonesia untuk menjadi negara maju juga harus didukung oleh perbaikan terus menerus kualitas SDM dan Riset, serta perbaikan iklim investasi. Dengan berbagai modal yang dimiliki, kita dapat berperan lebih strategis dalam tatanan politik global ke depan,” kata dia.

Di sisi lain, Luhut memastikan pemerintah akan terus berupaya memerangi penyebaran wabah di Tanah Air. Caranya dengan meningkatkan proses vaksinasi, di mana hingga bulan September ditargetkan 70 persen penduduk pada seluruh kota besar di Indonesia telah disuntik vaksin.

Adapun jumlahnya ditargetkan bisa menyuntikkan vaksin sebanyak 2 juta dosis per hari. “Sampai sekarang kita tidak ada kekurangan vaksin,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *