VIDEO: 13 Rumah dan 2 Gedung Walet di Dusun III Serdang, Bangka Selatan Habis Terbakar

BASEL, FABERTA — Setidaknya 13 rumah warga di Dusun Serdang, Desa Jelutung II, Kecamatan Simpang Rimba, Bangka Selatan, rata dengan tanah akibat dilahap api pada Kamis (29/7/2021) subuh.

‘Si jago merah’ tak hanya membumihanguskan rumah warga disitu, dua gedung walet yang terbuat dari kayu didekat rumah warga pun ikut terbakar.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Jelutung II, Nawi mengatakan kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 03.20 wib yang diduga api muncul dari salah satu rumah warga disitu.

“Api muncul berawal dari rumah Saldi, namun yang bersangkutan saat itu sedang pulang ke seberang (OKU). Tapi diketahui dirumah itu ada dua anaknya yang kondisinya sedang sakit (ODGJ),” kata Nawi saat dikonfirmasi.

Lanjutnya, sumber api diduga dari api rokok anak Saldi yang ODGJ, namun sampai saat ini pihak kepolisian masih dalam penyelidikan untuk mengetahui sumber api.

“Masih dilakukan penyelidikan pak dari pihak kepolisian setempat. Menurut warga sekitar api itu berawal dari salah satu rumah dan merembet ke rumah-rumah sekitarnya yang semua terbuat dari kayu,” ungkapnya.

Kendati tidak ada korban jiwa dalam peristiwa naas itu, setidaknya tiga rumah warga terpaksa dirobohkan agar api tak merembet kerumah warga lainnya.

“Tidak ada korban jiwa dan korban luka. Namun tiga rumah warga terpaksa dirobohkan untuk menghentikan laju api yang semakin merembet kerumah lainnya,” ucapnya.

Untuk kerugian dalam peristiwa itu, di perkiraan mencapai Rp 2 Miliar lantaran dua gedung walet disitu juga ikut terbakar.

“Pada saat itu warga langsung bertindak melakukan pemadaman dengan menggunakan mesin robin untuk menyemprot air sungai, karena akses Damkar di Toboali jauh dari lokasi kita pak,” ujar Nawi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *