Warga Boleh Lepas Masker di Ruang Terbuka, Bukti Covid Kian Melandai

Ilustrasi Lepas Masker (istimewa)

OPINI, FAKTABERITA — Pandemi Covid-19 telah banyak mengubah keadaan, baik di dunia Pendidikan, ekonomi, bahkan sosial. Lebih dari dua tahun pandemi sejak pemerintah menerapkan kebijakan memakai masker di ruang terbuka maupun tertutup. Sejak saat itu pula orang-orang banyak kehilangan impian dan pekerjaan.

Kekhawatiran terhadap virus yang menempel terhadap barang apapun menjadi salah satu masalah serius yang menghantui pikiran semua orang. Meskipun memakai masker tidak selalu menjamin untuk tidak terinfeksi virus, tetapi pemerintah sudah melakukan segala cara agar dapat mencegah penularan virus covid-19.

Bacaan Lainnya

Pada Selasa, 17 Mei 2022, masyarakat diberikan kabar gembira tentang pencabutan aturan memakai masker. Dengan semakin terkendalinya penanganan masalah covid-19 di Indonesia, Presiden Joko Widodo pada akun Instagram resminya @Jokowidodo, mengumumkan bahwa masyarakat diperbolehkan tidak mengenakan masker saat beraktivitas. Berita tersebut diterima dengan baik oleh masyarakat. Akan tetapi Presiden Joko Widodo tetap memberikan syarat-syarat tertentu untuk pencabutan aturan memakai masker.

Kendati diperbolehkan, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah melonggarkan kebijakan pemakaian masker di area terbuka yang tidak padat orang. jika aktivitas diluar ruangan dengan area yang ramai Presiden Joko Widodo tetap menyarankan untuk tetap memakai masker. Tetapi aktivitas di ruangan tertutup dan transportasi publik, tetap harus menggunakan masker.

Kedua bagi lansia yang mempunyai Penyakit Komorbid (penyakit bawaan selain penyakit yang sedang diderita) dan yang sedang menderita batuk dan pilek tetap harus menggunakan masker saat beraktivitas.

Presiden Jokowi juga menghapus kebijakan Tes Swab-PCR bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri dengan catatan sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap dosis dua dan booster.

Kebijakan ini menjadi salah satu kabar baik bagi warga Indonesia. Seperti yang kita ketahui Tes Swab PCR sebelumnya telah menjadi syarat wajib bagi warga atau masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dalam dan luar negeri.

Dengan penerapan kebijakan tersebut maka akan lebih memudahkan kegiatan diluar maupun di dalam ruangan karena memakai masker sudah bukan kewajiban lagi melainkan sebuah kebutuhan tersendiri sebagai cara melindungi diri dari penyebaran virus.

Hingga saat ini Indonesia memang jauh lebih terkendali dan dapat mengatasi peningkatan jumlah kasus covid-19. Semoga kebijakan yang telah ditetapkan Presiden dan Pemerintah adalah salah satu kebijkan yang membuka jalan kepergian virus covid-19.

***

Ubai Hawani (ist)

Penulis: Ubai Hawani

(Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung, Semester 2)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *