Yuk ke Depo Arsip, Melihat Berbagai Peristiwa Bersejarah di Kota Pangkalpinang

  • Whatsapp

PANGKALPINANG, FABERTA – Dokumen sejarah penting disimpan dan dirawat agar generasi penerus dapat memperoleh pengetahuan tentang masa lalu.

Berbicara mengenai arsip, berarti suatu dokumen atau catatan peristiwa yang telah terjadi yang dalat memberikan informasi terkait suatu lembaga, kelompok orang ataupun tempat tertentu.

Salah satu lembaga yang bertugas mengurus dan menyimpan dokumen kuno yakni Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang. Saat ini ada sejumlah arsip yang dikelola di Depo Arsip, namun dalam jumlah terbatas.

Saat penulis mengunjungi Depo Arsip milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang, menyimpan aset lawas peristiwa musibah banjir yang melanda Kota Pangkalpinang terjadi pada Tahun 1986 yang lalu.

Kemudian, pada sisi sebelahnya terdapat foto peristiwa musibah banjir yang terjadi pada Tahun 2016 lalu. Artinya peristiwa tersebut terjadi berjarak sekitar 30 Tahun.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang, Agus Fendi menyebut, Depo Arsip menyimpan arsip sekitar 1400 san dengan jenis arsip dinamis dan statis, peta, foto dan sebagainya.

“Hal yang strategis bagi kami ini sebenarnya diperlukan depo, yang ada saat ini sudah sangat  terbatas ruangannya. Makanya kalau ada akuisisi belum tahu akan menampung dimana berkas ini dan depo yang ada terbatas,” kata Agus. Jumat, (11/6/2021).

Tak hanya itu, kata Agus, pihaknya saat ini melakukan pembinaan mengenai pengelolaan arsip ke setiap OPD di lingkungan Pemkot Pangkalpinang.

“Melalui upaya penataan arsip sesuai dengan aturan yang berlaku, karenanya OPD terus kita lakukan pembinaan dalam pengelolaan arsip statis yang masih berada di OPD tersebut,” katanya.

Caption : Foto Musibah Banjir Tahun 1986 dan 2016

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *