Sedang Viral Korupsi Timah, Penambang Ilegal di Kolong Kenari Pungguk Malah Asik-asiknya Beroperasi

Ponton di lokasi tambang eks Kobatin. (Ist)

BANGKA TENGAH, FAKTABERITA — Viralnya kasus mega korupsi bahkan tak mampu membuat takut para penambang, buktinya aktivititas tambang ilegal masih asik jalan di kawasan Kolong Kenari dan Pungguk Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah.

Meskipun seringkali terjadi penertiban, namun tak kunjung membuat para penambang jera. Tidak adanya upaya hukum yang tegas diduga membuat para penambang tak jera untuk terus berulang-ulang beraktifitas di wilayah eks Kobatin tersebut.

Pantauan wartawan, hingga Kamis, (4/4/2024). Masih banyak ponton rajuk yang beroperasi, bahkan ada yang sedang merakit unit rajuk yang baru.

Tidak adanya kejelasan atau ngambang soal status kolong Merbuk dan Kenari menjadi alasan banyaknya penambang masih beraktivitas, ditambang cadangan timah masih potensial.

Ditambah dugaan adanya oknum aparat hukum yang ikut menjadi beking membuat para penambang merasa berani melakukan aktivitas ilegal tersebut.

Ketua DPRD Bangka Tengah, Mehoa sangat menyayangkan, aktivitas ilegal di kawasan tersebut masih saja terus berulang.

Padahal terangnya, sekarang sedang viral-viralnya kasus mega korupsi tambang timah yang seharusnya semua pihak semakin tegas dalam setiap pengawasan baik itu regulasi maupun penegakan hukum yang berkaitan dengan pertambangan timah ilegal.

“Saya kira penegak hukum setempat bisa mengecek agar tidak ada yang dirugikan dalam aktivitas ilegal tersebut, jika perlu beri upaya hukum tegas,” pungkas Mehoa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *