Gotong Rotong Membangun Pariwisata Desa Teluk Limau

Pantai Siangau, Desa Teluk Limau, Kecamatan Paritiga, Kabupaten Bangka Barat (ist)

OPINI, FAKTABERITA – Keindahan alam  di Kabupaten Bangka Barat memang tidak diragukan lagi. Salah satu desa yang mempunyai keindahan alam yang luar biasa dengan menyuguhkan panorama yang cantik tepatnya Pantai Siangau yang berada di Desa Teluk Limau, Kecamatan Parittiga. Selain Pantai Siangau, di Desa Teluk Limau ini juga menyimpan wisata lainnya seperti Bukit Pala, Pantai Perantau, Batu Balai Putri, serta Pulau Punai.

Pantai Siangau memiliki air laut yang berwarna biru jernih hamparan ditambah pasir putih yang dihiasi oleh bebatuan yang menambah kecantikan dari Pantai Siangau ini. Ditambah adanya gazebo yang digunakan untuk tempat istirahat ataupun tempat makan untuk wisata, membuat pantai tersebut kian menjadi primadona wisatawan.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu Pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Selain digunakan sebagai tempat wisata, Pantai Siangau ini juga digunakan untuk camping.

Pada 31 Mei 2022, mahasiswa Jurusan sosiologi Universitas Bangka Belitung khususnya mata kuliah Sosiologi pariwisata berkesempatan berkunjung ke Pantai Siangau. Hal itu juga dalam rangka turun langsung ke lapangan ke Desa Wisata Teluk Limau, dapat disadari bahwa Desa Teluk Limau menyimpan potensi yang cukup besar. Diharapkan kedepannya pariwisata yang ada di Teluk limau semakin maju dan dapat menambah pendapatan masyarakat sekitar.

Diketahui, Pantai Siangau sendiri mulai booming pada tahun 2010 dan selalu menjadi incaran masyarakat untuk menghabis waktu di akhir pekan.

Dalam pengembangan wisata ini tentu diharapkan dilakukan secara gotong royong, dengan tidak melibatkan satu aktor saja tapi terdapat beberapa peran aktor yang memengaruhi pengembangan wisata di Desa Teluk Limau. Adapun aktor yang berperan dalam pengembangan wisata Desa Teluk Limau yaitu Pokdarwis, Pemerintah, serta Masyarakat lokal.

Menurut Hari Prasetya (Ketua Pokdarwis Desa Teluk Limau) Wisata di Desa Teluk Limau ini dapat di katakan seperti jalan ditempat. Di mana dalam pengembangan wisata tidak ada progres tidak maju dan tidak mundur. Padahal dia melihat bahwa Desa Teluk Limau memiliki potensi yang begitu besar dalam bidang pariwisata yang akan membuat Desa Teluk Limau maju, tidak hanya terdapat beberapa wisata tetapi di desa Teluk Limau ini juga terdapat budaya Rebo Kasan yang menambah daya tarik wisatawan.

Kemudian, Hari menyampaikan bahwa saat ini sedang gencar-gencarnya mempromosikan wisata yang ada di Teluk Limau melalui Media Sosial seperti Instagram dan Facebook. Beliau juga merasakan dampak dari media sosial, dimana orang-orang jadi lebih banyak tahu tentang Pantai Siangau dan dari media sosial juga jumlah pengunjung meningkatkan.

Hari Prasetya juga mengatakan bahwa pokdarwis juga sudah berusaha mengembangkan wisata Teluk Limau dengan melakukan gotong royong bersama anggota pokdarwis lainnya. Selain itu pokdarwis juga sering membantu wisatawan dalam mencari tempat penginapan dan terkadang menjadi pemandu wisata (tour guide).

Selain pokdarwis, Pemerintah juga menjadi aktor dalam pengembangan wisata di Teluk Limau. Pemerintah memberikan bantuan akses jalan agar mempermudah wisatawan untuk menempuh wisata Pantai Siangau. Selain Pantai Siangau, pemerintah juga memberikan bantuan untuk pengembangan wisata bukit pala dengan membangun gazebo. Selain itu masyarakat lokal juga mempunyai peranan yang penting bagi pengembangan wisata di Teluk Limau, dimana masyarakat mendukung setiap kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan wisata di Teluk Limau.

Hari Prasetya juga menyampaikan bahwa masih terdapat hambatan dalam pengembangan Pantai Siangau yaitu antara pemilik lahan dengan hutan lahan lindung. Sehingga tidak banyak yang dilakukan oleh Pokdarwis dalam menengahi masalah tersebut, karena pokdarwks sendiri tidak mempunyai payung hukum yang menjadi pegangan.

Dalam pengembangan wisata di Teluk Limau khususnya Pantai Siangau aktor yang sangat mempengaruhi dalam pengembangan yaitu pokdarwis. Pokdarwis ini tidak hanya memberikan kontribusi kepada pembangunan wisata tapi juga ikut terlibat dalam mempromosikan wisata Pantai Siangau. Dan Pemerintah sendiri memberikan bantuan berupa infrastruktur yang mendukung pengembangan wisata. Serta masyarakat lokal sebagai aktor dalam pengembangan wisata ini berupaya untuk membantu membangun pengembangan wisata di Teluk Limau.

Jadi hubungan antar aktor dalam pengembangan wisata di Teluk Limau saling berkaitan antar satu sama lain, dimana dalam pengembangan wisata Khususnya Pantai Siangau peran aktor sangat penting sekali terhadap keberlangsungan pengembangan wisata. Hubungan antar aktor ini juga membuat wisata yang ada di Teluk Limau menjadi dikenal luas oleh masyarakat luar. Setiap akhir pekan wisata Teluk Limau khususnya Pantai Siangau selalu ramai pengunjung dan dari pengunjung pula dapat memberikan kesempatan pada masyarakat lokal untuk membuka lapak jualan.

***

Penulis : Betty Freskila, Dhea salwa Deswita, Diah Aprilla, Fredi Susanto, Rais Syaifullah

Dosen Pembimbing : Laila Hayati, M.Si

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *